Hidup Sehat

PENGERTIAN POLA HIDUP SEHAT MENURUT PARA AHLI - Pengertian pola hidup sehat yaitu hidup dengan gaya yang lebih fokus kepada kesehatan, baik itu melalui prilaku, makanan, bahkan gaya hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan menuju hidup sehat baik jasmani ataupun rohani.
PENGERTIAN POLA HIDUP SEHAT MENURUT AHLI
PENGERTIAN POLA HIDUP SEHAT MENURUT AHLI

Jadi gaya hidup seseorang lah yang menopang pola hidup sehat nya, karena dengan gaya hidup sehat maka pengertian pola hidup sehat secara otomatis lakukan. Jika gaya hidup sudah terbiasa meminum alkuhol, merokok, mengkonsumsi obat kimia, narkoba, jalan malam setiap hari ini adalah contoh-contoh hidup yang tidak sehat dan berpengaruh terhadap kesehatan.

Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Ahli: Menurut Kotler, pola hidup sehat yaitu gambaran dari aktivitas / kegiatan yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan linkungan. Tentunya terhadap hal-hal baik.

Orang-orang dahulu memiliki tubuh yang sehat bahkan umur lebih panjang, padahal mereka semua belum mengerti tentang pola hidup sehat secara alami atau hidup berkualitas, tapi kenapa mereka selalu sehat? Jawabannya adalah mereka memakan makanan yang segar, tanpa menggunakan pengawet dan tanpa ada zat zat kmia.

Mereka tidak mengkonsumsi makanan siap saji yang mengandung zat kimia. Sedangkan orang-orang saat ini terlalu sibuk bekerjaan, mengkonsumsi zat kimia, lupa waktu makan, tidur tidak teratur, mekan makanan siap saji dan selalu meminum suplemen penambah energi.

Dan tak jarang diantara  orang pada saat ini meninggal di usia muda, baik itu terkena penyakit komplikasi, seperti jantung, kanker, stroke, sakit darah tinggi, dan sakit diabetes. Menurut data di WHO 70 % kematian pada masyarakat di dunia akibat penyakit tersebut.

Pengertian Kesehatan atau pola hidup sehat menurut pandang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tahun 1948  menyatakan  bahwa pengertian kesehatan adalah “suatu keadaan mental, fisik, kesejahteraan sosial dan bukan hanya pada ketida adaan penyakit kepada seluruh manusia”. Sedangkan pengertian pola hidup sehat wikipedia adalah keadaan sejahtera pada badan, jiwa serta sosial yang memungkinkan setiap individu hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Di  tahun 1986 WHO, di dalam Piagam Ottawa untuk mempromosikan Kesehatan, menyatakan bahwa pengertian kesehatan adalah “sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup sehat adalah konsep positif dalam menekankan sumber daya sosial dan sumber daya pribadi, serta kemampuan pada fisik.

Pengertian / Maksud Kesehatan Menurut Undang-Undang
Dalam Undang-Undang ini yang maksud dari pengertian kesehatan adalah:
1.   Kesehatan yaitu  keadaan sejahtera from badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap individu hidup produktif dengan sosial dan ekonomis.
2.   Upaya kesehatan adalah seluruh kegiatan untuk pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang akan dilakukan oleh seluruh pemerintah atau masyarakat.
3.   Tenaga kesehatan adalah seluruh orang yang mengabdikan dirinya dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan atau keterampilan (didalam kesehata) melalui pendidikan di bidang kesehatan untuk jenis-jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
4.   Sarana kesehatan adalah tempat-tempat yang akan digunakan untuk menyelenggarakan dalam upaya kesehatan.
5.   Kesehatan adalah sesuatu yang berguna bagi kehidupan seluruh masyarakat Indonesia.

Pemeliharaan kesehatan adalah upaya menanggulangi dan mencegah gangguan terhadap kesehatan yang memerlukan pengobatan, pemeriksaan, atau perawatan terhadap kesehatan termasuk juga kehamilan dan persalinan.

Pendidikan kesehatan adalah proses membantu orang dengan bertindak secara sendiri-sendiri atau secara kolektif, untuk menjadikan keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai segala hal yang memengaruhi tentang kesehatan pribadi dan orang lain.

Sedangkan Larry Green dan para koleganya menulis bahwa pendidikan kesehatan atau pola hidup sehat adalah kombinasi dalam pengalaman belajar yang dirancang untuk mempermudah antara adaptasi sukarela terhadap perilaku yang kondusif bagi kesehatan seseorang.

Sebuah data menunjukkan bahwa lebih dari 80 % rakyat republik Indonesia tidak mampu mendapatkan jaminan kesehatan dari lembaga ataupun perusahaan-perusahaan kesehatan, seperti jamsostek, Akses, dan Taspen.

Golongan masyarakat bawah ‘teranaktirikan’ di dalam jaminan kesehatan adalah mereka semua golongan masyarakat kecil dan pedagang kelas bawah. Di dalam pelayanan kesehatan masyarakat, masalah ini menjadi lebih suram, berhubung manajemen pelayanan kesehatan tidak saja berhubungan beberapa kelompok manusia, akan tetapi sifat khusus dari pelayanan kesehatan sendiri.

Aspek-Aspek Kesehatan
Dasar-dasar kesehatan itu meliputi empat aspek di dalam kehidupan bermasyarakat:
A. Kesehatan fisik akan terwujud jika sesorang tidak mengeluh sakit dan memang secara objektif tidak terlihat sakit. Seluruh organ tubuh berfungsi secara normal atau tidak ada gangguan.

B. Kesehatan mental (jiwa) mencakup di dalam tiga komponen yaitu: spiritual, pikiran dan emosional.
1.   Pikiran sehat akan dicerminkan dari cara berpikir dan jalan pikiran seseorang.
2. Emosional sehat akan dicerminkan dari kemampuan seorang manusia untuk mengekspresikan sebuah emosi, misalnya kuatir, takut, gembira, sedih dan lain-lain.
3.   Spiritual sehat akan dicerminkan dari cara seseorang di dalam mengekspresikan prasaan syukur, rasa pujian, kepercayaan dan lain-lain terhadap sesuatu di luar alam dunia, yakni Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. Contohnya sehat spiritual terlihat dari praktik pengamalan keagamaan seseorang atau sehat spiritual adalah keadaan seseorang hammad dalam menjalankan ibadah dengan semua aturan-aturan agama Islam.

C. Kesehatan sosial akan terwujud jika seseorang mampu berhubungan dengan kelompok lain atau orang lain secara baik dan benar, tanpa membeda-bedakan ras, suku, kepercayan, status sosial, status ekonomi, pandangan politik, dan lain-lain, serta saling bersikap toleran dan menghargai karna Allah menciptakan manusia ini sama semuanya yang membedakan hanya keImanannya pada Allah SWT.

D. Kesehatan dilihat dari aspek ekonomi bila seseorang yang telah dew-aasa produktif, maksudnya mempunyai kegiatan yang dapat menghasilkan sesuatu untuk menyokong kehidupnya sendiri atau keluarganya secara harta benda (finansial).

Bagi yang belum dew-aasa masih siswa atau mahasiswa dan seseorang yang telah usia lanjut, dengan sendirinya batasan pada aspek ekonomi tidak berlaku. Oleh karna itu, bagi sebagian kelompok, yang berlaku hanyalah produktif secara sosial, yakni mempunyai sebuah kegiatan yang berguna terhadap kehidupan mereka nantinya, misalnya berprestasi di sekolah bagi siswa atau mahasiswa dan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, kegiatan keagamaan bagi yang telah usia lanjut.

Tujuan Kesehatan Dalam Segala Aspek
Tujuan nasional adalah memajukan / meningkatkan kesejahteraan bangsa, berarti memenuhi seluruh kebutuhan dasar dari manusia: papan, sandang, pangan, pendidikan, lapangan kerja, kesehatan, dan ketenteraman dalam hidup.

Tujuan pembangunan kesehatan adalah menciptakan hidup sehat bagi seluruh penduduk, jadi ada rasa tanggung jawab untuk terwujudnya derajat kesehatan yang maksimal berada di tangan semua masyarakat Indonesia, pemerintah dan pekerja swasta secara bersama-sama.

Tujuan dan Ruang Lingkup dalam Kesehatan Lingkungan
Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan dibagi menjadi dua, secara khusus dan secara umum. Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan yang akan dibahas terlebih dahulu tentang tujuan dan rung lingkup secara umum:
1.   Melakukan koreksi serta perbaikan terhadap seluruh bahaya serta ancaman terhadap kesehatan serta kesejahteraan hidup umat manusia.
2.   Melakukan pencegahan menggunakan cara mengatur sumber-sumber lingkungan didalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup umat manusia.
3.   Melakukan kerja sama (gotong royong) dan menerapkan program terpadu antara masyarakat dan institusi-institusi pemerintah serta lembaga-lembaga non-pemerintah dalam menghadapi bencana alam ataupun wabah penyakit yang menular.

Dan tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan yang berikutnya yaitu secara khusus meliputi usaha-usaha dalam perbaikan lingkungan hidup manusia:
1.   Menyediakan sarana air bersih yang masuk dalam persyaratan kesehatan.
2. Makanan dan minuman diproduksi dengan skala besar dan dikonsumsi oleh seluruh masyarakat.
3. Pencemaran udara karna pembakaran BBM, kebakaran hutan, batubara dan gas-gas beracun yang berbahaya terhadap kesehatan manusia dan makhluk hidup lain dan menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem di dunia.
4. Limbah cair dan zat padat yang bersumber dari rumah tangga, perternakan, pertanian, rumah sakit, industri, dan sebagainya.
5. mengontrol arthropoda dan rodent yang menjadi fektor terhadap penyakit dan cara mengatasi penularan penyakitnya.
6.   Perumahan dan bangunan layak huni dan memenuhi standar dalam syarat kesehatan.
7.   Kesehatan kerja, Kebisingan dan radiasi.
8. Survei sanitasi untuk pemantauan, perencanaan, dan evaluasi terhadap program kesehatan di lingkungan.

Tujuan Pembangunan Kesehatan
Untuk pembangunan jangka panjang di dalam bidang kesehatan diarahkan untuk mencapai tujuan utama:
1. Meningkatkan kemampuan masyarakat agar mampu  menolong diri sendiri dalam kesehatan.
2.   Memperbaiki kualitas lingkungan hidup yang menjamin kesehatan anggota masyarakat.
3.   Meningkatkan status gizi masyarakat.
4.   Mengurangi kesakitan (morbiditas) dan menurunkan angka kematian (mortalitas).
5.  Mengembangkan keluarga yang selalu sehat dan sejahtera.

Dasar-Dasar Pembangunan Kesehatan
Di negara repoblik Indonesia ini memiliki Dasar-dasar pembangunan di bidang kesehatan nasional adalah:
1. Semua warga negara berhak mendapatkan derajat kesehatan yang optimal supaya dapat bekerja dan hidup layak dengan martabat manusia.
2. Pemerintah serta masyarakat memiliki tanggung jawab dalam memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan setiap rakyat.
3. Penyelenggaraan usaha kesehatan yang diatur secara teratur oleh pemerintah dan dilakukan dengan serasi dan seimbang oleh pemerintah bersamaan dengan seluruh masyarakat.

Begitulah beberapa Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Ahli yang ada dibelahan dunia di planet bumi ini.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top