Hidup Sehat



14 Pola hidup Agar Awet Muda
PolaHidup.Com - Kita tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengurangi pertambahan usia. Namun, para dokter serta ilmuwan terus-menerus mencari dan menemukan tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk membalikkan waktu dng memfokuskan diri pada usia biologis juga psikologis seseorang. Usia psikologis adalah pengalaman subjektif mengenai seberapa tuakah seseorang menurut dirinya sendiri. Sementara usia biologis bisa ditentukan dengan mengukur 8 faktor berikut ini:
1. Jumlah lemak dalam tubuh
2. Tekanan darah
3. Batas indra pendengaran dan penglihatan
4. Kepadatan tulang
5. Hormon
6. Ketebalan kulit
7. Kemampuan gerak
8. Tingkat kolesterol

14 tips berikut ini dan mulailah untuk menerapkan dan putar balik waktu anda agar menjadi muda lagi.

1. Hilangkan mitos menjadi tua berarti anda menjadi tidak berguna
semakin anda meyakini persepsi bahwa dng semakin bertambahnya usia maka ketajaman semakin berkurang, maka hal itu akan terjadi pada anda. Seorang Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale meneliti pengaruh psikologis pada pertambahan usia, khususnya pada bagai-mana persepsi yang mempengaruhi kesehatan fisik serta mentalnya.

2. Bersihkan gigi secara rutin
Penelitian menunjukkan antara hubungan penyakit periodontitis dan penyakit cardiovascular. Pertimbangkan tentang hal ini: sebuah penelitian menunjukkan bahwa para pria dibawah usia 50 th yang memiliki penyakit periodontal mempunyai peluang 2,6 kali lebih besar untuk meninggal dunia di usia muda dan peluang 3 kali lebih berpeluang untuk meninggal disebabkan penyakit jantung dibandingkan dng pria bergigi sehat dan senang mengunyah permen karet. Penyebab utama periodontitis adalah dikarnakan kebersihan gigi yang buruk dan dng menyikat gigi pada setiap hari, memakai benang gigi, serta memeriksakan gigi ke dokter gigi dengan rutin bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini.

3. Pertahankan sikap positif dan selalu berfikir positif
Dari tahun 1986, seorang peneliti berasal dari Universitas Kentucky David Snowdon meneliti sebanyak 678 biarawati untuk menemukan rahasia otaknya, khusunya apa yg terjadi pada otak seiring dng bertambahnya usia. Hasil penelitiannya yg dikenal dng Penelitian Biarawati, berhasil menemukan cara hidup dng kehidupan mental yang lebih aktif dengan pertambahan usia. Salah satu dari penemuannya adalah kondisi emosi positif di usia dini akan membantu untuk menghilangkan perassaan cemas dan bisa memperpanjang usia. Faktanya, terdapat penelitian yang menunjukkan hubungan antara sikap dengan kesehatan fisik dan mental seseorang.

4. Berolahraga dengan rutin
James M. Rippe, M.D adalah seorang penulis, cardiolog dan pendiri Rippe Lifestyle Institute. Dia menerangkan bahwa jika seseorang melihat seluruh hal-hal berisiko tinggi yang mengakibatkan kematian, sebuah hal yang paling mudah diprediksi adalah kesehatan. Sebagai tambahan, seorang yang berusia lanjut memiliki kesehatan jantung yang baik, lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia lebih muda tetapi tidak aktif secara fisik. Dengan meningkatkan aktivitas fisik, anda dapat memutar kembali jam biologis anda menjadi remaja dan muda.

5. Menghilangkan Perasaan Stress
Penelitian menunjukkan antara 60 - 90% kunjungan kepsikiatris berhubungan dng stress. Stress berhubungan dengan seluru hal mulai dari flu hingga penyakit kanker. Gangguan jantung, darah tinggi, hipertensi, penyakit kronis, gangguan seksual serta kesuburan, dan diabetes semua disebabkan karna stress. Untuk meningkatkan peluang untuk hidup sehat lebih lama anda wajib mengurangi kemungkinan untuk sakit dan anda harus mengurangi tingkat stress yang dalami.

6. Meditasi (Shalat dengan Khusu’)
Deepak Chopra, M.D., menemukan hubungan antara tubuh dan pikiran, dalam salah satu buku ciptaannya menyatakan bahwa penelitian terhadap orang-orang yang melakukan meditasi bisa mempunyai usia biologis 5 sampai 12 tahun lebih muda dibanding dengan usia kronologis mereka. Seseorang yang melakukan meditasi mempunyai tingkat hormon stress seperti adrenalin dan cortisol yang lebih rendah, dan mekanisme adaptasi cenderung lebih kuat dibanding orang-orang pada umumnya.

7. perhatikan kesehatan kulit
Tips berikut ini tidak akan membantu untuk hidup jauh lebih lama, tetapi selama anda berusaha untuk memperpanjang usia hidup, tidak ada salahnya jika berusaha untuk tetap tampil sebaik mungkin.

8. Memakan makanan yang mengandung anti oksidan
Dr. Mehmet C. Oz, M.D., menunjukkan bahwa antioksidan adalah makanan anti penuaan serta salah satu makanan sumber antioksidan yang paling disukainya adalah blueberry. dia berkata: “seluru makanan berwarna gelap mempunyai semacam zat antisoksidan yang bisa melindungi anda.” Makanan anti penuaan lainnya: brokoli, acai, tomat dan lain-lain.

9. Makanlah makanan kaya akan serat
Dr. Oz menjelaskan bahwa salah satu kunci awet muda adalah menjaga kesehatan pencernaan. Dan untuk menjaganya memerlukan 25 gram serat disetiap harinya.

10. Cukup tidur
Mempersingkat durasi tidur dari 8 jam menjadi 4 jam dan bangun di 1/3 malam akan mempengaruhi kadar funsi endokrin dan glukosa anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan terlihat seperti tahap awal jika terkena diabetes.

11. Asahlah terus otak dengan menghafal Al-Qur’an
Sejumlah data yang diungkap selama 20 tahun terakhir memastikan bahwasannya otak manusia terus berkembang, perkembangan neuron-neuron baru dan jaringan-jaringan diantara neuron tersebut sepanjang hidup seseorang.

12. Berhenti merokok
Jika anda berusia 50 lalu anda merokok, maka akan memotong 7 tahun usia anda. Merokok juga membuat kulit menjadi keriput dan membuat terlihat lebih tua.

13. Jangan meminum Alkohol
Dengan meminum al-kohol atau minuman keras membuat lambung anda menjadi lemah dan merusak organ-organ yang ada didalam tubuh anda yang mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi lemah.

14. Dapatkan banyak cinta dan kasih sayang dengan Menikah
Dr. Marian C. Diamond adalah seorang ahli anatomi syaraf terkemuka di muka bumi. Dia melakukan penelitian memakai tikus muda untuk menentukan apakah keadaan di suatu tempat mempengaruhi pertumbuhan. Sebuah kandang yang diisi dengan 12 ekor tikus dipenuhi oleh berbagai macam alat yang dapat dipakai untuk bermain. Sebaliknya, kandang yang lain tak diisi mainan. Tikus-tikus yang kandangnya berisi mainan bisa menyelesaikan tes lebih cepat dibandingkan tikus yang diletakkan pada kandang tanpa ada mainan. Tikus tersebut juga kemampuan untuk memecahkan masalah mereka dengan lebih baik.
Eksperimen yang sama memakai tikus lebih tua dan dia memilih tikus-tikus yang berusia 600 hari (+- sama dengan 60 th usia manusia). Akan tetapi, beberapa ekor tikus meninggal ketika berusia 600 hari. dia memutuskan untuk mencoba dan memperbaiki durasi usia tikus dng menambahkan bahan tambahan didalam eksperimen-nya yaitu “kasih sayang”. Dan menempatkan tikus tersebut didalam kandang yang bersih, para ilmuwan yg terlibat didalam penelitian memelihara tikus tersebut, bahkan membawanya didalam jas lab mereka sendiri. Tikus tersebut hidup lebih lama dibanding yang tidak dipelihara. 

Semoga cara dan tips Pola Hidup Awet Muda Ini bermanfaat dan semoga bisa diterapkan didalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top