Hidup Sehat



Manfaat Daun Mint Untuk Hidup Sehat - Mint digunakan selama bertahun-tahun bahkan berabat-abat sebagai mengobati berbagai macam penyakit.Ada berbagai macam dan jenis  mint. Anda dapat menemukannya tumbuh liar ini di sepanjang sungai dan tepi jalan atau daerah berhutan di Indonesia.
Daun mint memiliki Manfaat Dun Mint Bagi Kesehatan. Seperti dengan suplemen herbal lainnya, berkonsultasilah kepada dokter sebelum mengambil dan menggunakan daun mint sebagai obat alternatif. Berbagai macam gangguan kesehatan yang dapat disembuhkan oleh daun mint.
Manfaat Daun Mint Untuk Hidup Sehat

Penyakit Yang Disembuhkan Daun Mint
1. Gangguan Pencernaan Dan Mual
Mint dalam berbentuk kapsul atau yang teh bisa meringankan rasa mual dan gangguan pada pencernaan. Mint berpotensi untuk memperlancar sistem pencernaan serta meringankan kejang-kejang pada perut. Mint mempunya efek anastesi ringan sehingga dapat menghilangkan rasa sakit di perut.
Sebuah penelitian tahun 1997 yang diterbitkan Journal of Advanced Nursing” bahwa efek mint sebagai obat untuk anti mual pasca-operasi. Daun Mint dapat digunakan sebagai penghilang mual dan kram saat jatah bulanan datang (untuk wanita) dengan merelaksasi otot polos di rongga perut.
2. Nyeri otot
Digunakan sebagai minyak pijat, mint dapat meredakan nyeri otot serta rasa sakit.
Terlebih dahulu mengencerkan minyak mint sebelum memakainya pada kulit untuk menghindari iritasi yang tidak di inginkan.
3. Daun Min Mengobati Hidung Tersumbat
Tanaman mint didalamnya terkandung mentol, bahan yang digunakan untuk obat flu komersial. Dengan Aroma mentol membantu melegahkan saluran pernapasan karena di dalamnya mengandung anti-inflamasi. Sifat yang dimiliki daun mint antibakteri membantu mengobati infeksi akibat bakteri.
Mint bisa melonggarkan konstriksi bronkus di penderita asma sehingga memperlancar pernapasan. Agar Meredakan kondisi diatas, mint bisa diterapkan secara topikal / diminum seperti teh.
4. Heartburn
Mint meringankan gejala heartburn melalui sifat anti spasmodic dan meningkatkan aliran cairan pencernaan melalui sistem pada pencernaan. Namun harus tetap berhati-hati karena dengan dosis besar mint dapat memperburuk gejala sakit maag Anda. Minumlah daun mint tetapi jangan lebih tiga/empat cangkir per hari. Dan Jangan menelan minyak mint murni tanpa ada campuran.
5. Bau Mulut atau Nafas Tak Sedap
Rasa mint sangat segar membuatnya ideal meringankan bau napas yang tidak sedap. Teh mint yang dibuat dari daun mint kering atau segar sangat efektif menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Dan dapat menjaga mulut selalu lembab dengan meningkatkan produksi air liur pada mulut.
6. Pengendali Stres
Aroma mint meringankan gejala stres dengan memberikan rasa tenang. Aktivitas anti-spasmodic serta sifat sedatif meredakan ketegangan sekaligus meredakan rasa nyeri otot ringan.
 Baca Juga:
  • Cara Mengatasi Penyebab Bau Mulut
  • Cara Mencegah Kanker Mudah Diterapkan
  • Cara Menguruskan Badan Wanita Jepang

  • Manfaat Daun Mint
    1. Daun Mint mengandung vit A yang berfungsi untuk anti gatal
    2. Daun Mint Untuk Kecantikan, dapat membersihkan minyak wajah serta mengatasi jerawat
    3. Terkandung asam salisilat yang dapat mengangkat sel kulitmati
    4. Menyegarkan nafas Anda dan menghilangkan bau mulut
    5. Mengatasi sakit perut dan system pencernaan
    6. Membantu otot pencernaan tetap rileks dan mengatasi keram
    7. Meredakan sindrom usus serta sembelit
    8. Menurunkan suhu pada badan
    9. Mengandung vit C
    10. Pro vitamin A, besi, fosfor, kalsium serta potassium
    11. Menurunkan rasa lapar, dapat untuk diet nich
    Nutris Daun Mint per 100 Gram
    Kalori
    70 Kkal
    Lemak
    0,94 gram
    Sodium
    31 mg
    Potasium
    569 mg
    Karbohidrat
    14,89 gram
    Serat
    8 gram
    Protein
    3,75 gram

    Tips Menyimpan Daun Mint
    1. Cuci daun mint agar terhindar dari debu dan kotoran
    2. Lembabkan tisu yang tebal (paper towel). Tisu jangan terlalu basah.
    3. Jika dau terikan maka Lepaskanlah ikatannya agar memberikan ruang napas. Daun serta batang yang rapat memicu pembusukan lebih cepat.
    4. Bungkus daun mint menggunakan tisu lembab tadi. Pastikan bagian daun mint tertutup sepenuhnya oleh tisu.
    5. Tempatkan daun yang dibungkus tisu ke kantong plastik. Jangan di ikat agar sirkulasi udara lancar. Menutup kantong akan membuat daun mint menjadi cepat busuk.
    6. Simpan kantong plastik di lemari es. Anda bisa menyimpan daun mint hingga tiga atau empat hari.

    Tips Mengolah Daun Mint
    Daun mint diolah diambil manfaat mentholnya, dengan mencampurkannya dengan minuman dan jus, bumbu untuk masakan, serta permen. Untuk olahan yang sederhana, cuci bersih daun lalu iris secara menarik sesuai dengan selera untuk menjadikannya sebagai penyedap, bumbu atau hiasan untuk makanan. Agar merasakan khasiat dan Manfaat Daun Mint dapat diolah sebagai jus dan kombinasi resep-resep lainnya.

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
    Top