Hidup Sehat

Tujuan mencuci tangan adalah menghilangkan segala sesuatu yang memiliki dampak negatif bagi tubuh dan mensucikan diri dari kotoran-kotoran yang membuah pola hidup menjadi tidak sehat. Dan selah satu pola hidup sehat adalah mencuci tangan sebelum makan seperti yang di contohkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau makan. Sabda tentang sunnah mencuci tangan sebelum makan (mencuci tangan dengan sabun atau tidak menggunakan sabun):

HADITS MENCUCI TANGAN


Artinya : “Diriwayatkan dari Aisyah r.a : Sesungguhnya Rasulullah saw (nabi Muhammad) ketika hendak tidur sementara beliau dalam keadaan junub(mengeluarkanmengeluarkan ma-nni), maka beliau akan berwudu dan ketika beliau hendak makan beliau akan mencuci kedua tangannya” (HR Nasai)

Dari hadits nabi diatas yang membuat latar belakang mencuci tangan agar manusia didunia selalu selamat menjalani kehidupannya. Siapapun dia dari suku bengsa dan budaya apapun dia bila menerapkan sunnah nabi Muhammad dia akan selamat.

Dan sebaiknya seorang muslim memakan makanan nya menggunakan tangan karna ini adalah ajaran yang diajarkan oleh nabi Muhammad kepada seluruh umat. Karna nabi mengajarkan makan menggunkan tangan maka pentingnya mencuci tangan terlebih dahulu.

Mencuci tangan adalah sebuah cara yang efektif dalam menghentikan kembang biak kuman baik dirumah atau diluar. Setiap kali seseorang menyentuh sesuatu, seseorang dapat terkena kuman ke tangan. Setelah itu, mudah sekali bagi kuman masuk kedalam anggota tubuh ketika tangan yang telah terkena kuman menyentuh mulut, mata dan hidung. Mencuci tangan menurut whomemiliki inti yang sama.

Jika selalu ingat untuk mencuci tangan kita pada waktu yang terpenting dalam sehari, dapat menurunkan resiko kita menjadi sakit. Waktu mencuci tangan saat:
1.Sesudah memegang bahan makanan-makananmentah, seperti daging dan unggas.
2.Sesudah ke WC atau mengganti popok anak
3.Sesudah kontak dengan darah atau cairan-cairantubuh (contoh: cairan dari hidung, air liur dan muntah)
4.Sesudah menyentuh hewan/ binatang dan peralatan-peralatan perternakan
5.Sesudah menyentuh tempat-tempat yang tercemar (contohnya: saluran air kotor, tanah, pembersi pakaian dan kotak sampah)
6.Sebelum mengobati luka dan memasang kontak lensa ke mata.
7. Ketika tangan terlihat kotor
8. ini intinya MENCUCI TANGAN SEBELUM MAKAN dan sesudah makan

Menjadi pertanyaan besar bagai mana cara cuciyang baik dan benar??? Karna kebanyakan dari orang-orang salah dalam mencuci tangan mereka mencuci tetapi tidak menghilangkan kuman yang berada kuman dan kotorannya. Berikut ini gambar mencuci tangan agar lebih mudah untuk di contoh dan di praktekkan:
7 Langkah cuci tangan agar kuman-kuman pada mati dan kabur. Berikut ini adalah cara mencuci tangan yang benar dan sangat efektif dal menjaga kesehatan anggota keluarga
1.Terlebih dahulu Basahi tangan menggunakan air yang mengalir dan teteskan sabun lalu gosok-gosok kedua telapak tangan hingga ke ujung jari-jari.
2.Gosok juga telapak tangan kiri ke punggung tangan kanan (dan sebaliknya), dengan jari-jari saling berselang-seling antara tangan kiri dan kanan.
3.lalu Gosok sela jari-jari kiri dan kanan tersebut dan Lakukan sebaliknya.
4.Letak punggung jari yang satu dengan punggung jari yang lain dan saling mengunci sambil di gosok-gosok.
5.Usaplah ibu jari kanan dengan telapak kiri dengan cara gerakan berputar dan sebaliknya pada ibu jari tangan kiri
6.Gosok telapak pada bagian tangan dengan punggung jari dengan gerakan kebelakang, ke depan lalu berputar.
7.Pegang pergelangan tangan dengan tangan yang lain dan lakukan gerakan memutar pada pergelangan tangan.

Semoga tulisan polahidup.com bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Dan bisa dijadikan referensi untuk artikel dan mencuci tangan bagi umat manusia semua.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top