Hidup Sehat

Kesehatan telah menjadi suatu hal yang tidak dapat dibeli dengan harga uang. Karena itu, berusahalah agar selalu sehat dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan menurunkannya pada anak-anak dan keluarga lainnya. Berikut ini ada 10 tips atau carapola hidup sehat:
cara pola hidup sehat
1. Aktiflah bergerak
Berusahalah aktif bergerak setiap harinya, baik itu berjalan dari rumah ke tempat kerja, mengerjakan pekerjaan rumah atau berolahraga dengan rutin seperti senam,jogging, berenang, fitner dan  bersepeda. Selalu bergerak membuat metabolisme tubuh selalu aktif sehingga membuat tubuh menjadi sehat. Inilah salah satu cara hidup sehat.

2. Konsumsi makanan sehat
mengkonsumsi makanan sehat dan memiliki nutrisi yang seimbang mampu menjaga kesehatan optimal tubuh. Tetapi kenapa masih makan gorengan, berlemak dan makanan yang berkolesterol tinggi, terlalu manis, dan minuman yang bersoda? Padahal makanan ini adalah cara menaikkan badan yang tidak sehat. Bukankah lebih bagus memakan lauk non digoreng, sayur dan buah-buahan.

3. Istirahat cukup
Tidur dengan cukup selama 6-8 jam per harinya adalah cara badan sehat tetapi ingat bukan lamanya yang baik tetapi waktu tidurnya, sebaiknya tidur setelah sholat isa dan bangun di waktu 1/3 malam.

4. Bakarlah lemak tubuh
Lemak tubuh yang berlebih tentunya bisa memperburuk kesehatan sekaligus penampilan. Lemak yang berlebih akan menimbulkan penyakit aterosklerosis seperti jantung dan stroke. Pangkas lemak tubuh dari sekarang dengan bergaya hidup sehat serta berolahraga yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW.

5. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol
Berhenti merokok adalah hal yang mudah, asal ada niat dan karna Allah. Untuk orang yang suka meminum minuman yang ber-alkohol segeralah untuk berhenti karna banyak sekali efek negatifnya untuk tubuh. Menginggalkan keduanya adalah cara-cara merawat tubuh.

6. Hidup bersih
Menjaga tubuh dengan Tubuh yang bersih akan terhindar dari penyakit kulit dan membuat penampilan lebih menarik. Dan kebersihan itu sebagian dari iman.

7. Kurangi stress
Stress memicu berbagai penyakit fisik atau mental. Percuma saja bekerja keras siang sampai malam jika sampai stress. Kesehatan lebih berharga. Seimbangkan rutinitas dengan kegiatan relaksasi seperti berlibur bersama keluarga dan teman.

8. Lindungi diri dari polusi
Polusi udara termasuk media radikal bebas menyerang kekebalan pada tubuh. Berbagai penyakit degeneratif dapat menyerang. Gunakan masker ketika berkendaraan.

9. Lakukan peregangan
Lakukanlah peregangan seluruh tubuh di awal dan akhir hari. Peregangan akan melenturkan tubuh, melancarkan darah dan distribusi oksigen ke tubuh, serta meluruskan tulang-tulang.

10. Atur rutinitas
Rutinitas padat yang tidak teratur hanya akan membuat Anda kewalahan sehingga menurunkan stamina dan mental. Buatlah catatan atau jadwal yang terstruktur sehingga hidup Anda lebih teratur.

Banyak orang yang bertanya-tanya kepada polahidu.com bagaimana cara hidup sehat dan ada juga yang bertannya cara menjaga kesehatan tubuh. Sebelum saya menjawab saya bertanya terlebih dahulu untuk anak anda atau untuk diri anda sendiri???. Setelah mengetahui jawabannya saya langsung menjawab: Begini Loh Caranya:
cara menjaga kesehatan tubuh
CARA MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT UNTUK ANAK
cara menerapkan pola hidup sehat bagi anak? Artiel kali ini akan membahasannya. Menerapkan gaya hidup sehat bukan sebuah hal yang sulit, namun disarankan untuk dari sejak kecil sehingga anak bisa disiplin dalam menerapkannya untuk kesehatannya ketika sudah besar. disini, dijelaskan langkah-langkah dalam menerapkan gaya hidup sehat bagi anak:
1.Contohkan terlebih dahulu
Sangat dianjurkan memulai hidup sehat dari diri sendiri. Contohkan kepada anak tentang bagaimana memulai hidup yang sehat dan bagaimana cara melakukannya. Cukup mulai dengan hal yang sederhana misalnya mencuci tangan setelah beraktivitas/ makan, berolahraga pada pagi hari dan mandi secara teratur.

2.Terapkan langkah demi langkah
Memulai gaya hidup yang sehat, anak tidak bisa melakukannya dengan menyeluruh. Mereka harus dilatih terlebih dahulu dengan selangkah demi selangkah supaya mampu beradaptasi dan tak kaget dengan pola perubahan dalam hidupnya. Mulailah dengan hal kecil misalnya mencuci tangan sebelum/ sesudah makan atau menyapu kamar di setiap pagi hari.

3.Mencermati lingkungan anak
Lakukan pengawasan terhadap anak di lingkungan rumah, lingkungan bermainnya dan lingkungan sekolahnya. Dalam soal makanan, karna Anak biasanya jajan sembarangan dan tentu belum mengerti mana makanan sehat dan yang tidak sehat. cara mencegah hal tersebut yaitu memberikan bekal kepada anak saat dia pergi sekolah dan memastikan anak kenyang saat akan bermain di luar rumah.

4.Ajak anak untuk beraktivitas
jangan biarkan anak larut dalam game dan ajak anak untuk beraktivitas lebih yang banyak. misalnya, bisa mengajak anak untuk berenang, berkebun atau bersepeda.

CARA MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT YANG MENYENANGKAN
Orang-orang terkadang tidak memperhatikan kesehatan karena memiliki keterbatasan waktu. Padahal sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Agar terwujudnyahidup yang sehat, tetapi diperlukan niat serta keyakinan dari diri sendiri untuk mewujudkannya.

Dengan menerapkan pola hidup, kita telah mencegah risiko penyakit yang mungkin muncul di hari tua. Berikut hal-hal yang dapat lakukan untuk menciptakan hidup sehat yang diidam-idamkan:
1.Mengatur Pola Makan serta Menjaga Asupan Nutrisi yang Masuk ke Dalam Tubuh
Cara untuk menerapkan pola hidup sehat yaitu dengan menjaga nutrisi yang masuk ke dalam anggota tubuh. Ada pepatah mengatakan bahwa “kamu adalah apa yang kamu makan. Untuk itu berusahalah untuk selalu menkonsumsi sayur-sayuran dan buah.

Vitamin dan Serat dari buah serta sayur berguna membantu metabolisme tubuh. Selain itu usahakan untuk mengurangi jumlah lemak dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jangan biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak seperti gajih atau jeroan. Makanan berlemak yang menumpuk di dalam tubuh akan berubah timbunan lemak yang sangat sulit dicerna oleh tubuh.

Selalu minum air putih. Setidaknya minumlah 8 gelas air setiap hari. Air putih berguna untuk memenuhi kebutuhan anggota tubuh juga berguna untuk kulit, penccernaan dan lain-lain.

2.Membiasakan Diri Berolah Raga dan Berhenti Merokok
Olah raga adalah syarat mutlak untuk menjaga kondisi tubuh. Dengan berolah raga, banyak manfaat yang dapat dirasakan. Olah raga membantu proses detoksifikasi dan pengeluaran racun secara alami. Racun di dalam tubuh dikeluarkan melalui keringat dan kesehatan juga membaik dengan sendirinya.

Berolah raga juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. lakukan olah raga rutin minimal tiga kali dalam satu minggu. Selain itu jauhkan rokok. banyak zat berbahaya terkadung di dalam rokok. Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dari sekarang serta ganti pola hidup anda.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top