Hidup Sehat

POLA HIDUP SEHAT
Peneliti menyatakan masalah Pola Hidup Sehat di dalam Artikel ini. Peneliti ingin mengetahui tentang hubungan dengan masalah kesehatan. Pola hidup sehat adalah suatu kebutuhan yang tak dapat ditinggalkan oleh seluruh orang. Serta pola hidup sehat ini memang menjadi trenpada masa sekarang. Hal ini dikarenakan semakin banyak timbulnya penyakit-penyakit baru. Secara umum, seluruh orang telah mempunyai penyakit masing-masing walaupun orang itu tersebut belum mengetahuinya.
POLA+HIDUP+SEHAT
Dengan pertimbangan serta alasan itulah kami sebagai peneliti, sebagai bagian anggota masyarakat dan generasi penerus bangsa Indonesia, merasa harus memperhatikan hal tersebut. Oleh karena itu kami membahas pola hidup sehat dalam Artikel ini.

Adapun tujuan peneliti mengangkat masalah pola hidup sehat di dalam Artikel ini yaitu untuk mengkaji serta mengetahui apa sehat itu, mengapa kesehatan memerlukan perhatian khusus, dan bagaimana cara untuk menjadi orang yang sehat baik jasmani dan rohani. Peneliti juga ingin tahu tentang manfaat pola hidup sehat bagi manusia.

Adapun manfaat yang ingin peneliti capai yaitu untuk memberikan informasi kepada para seluruh pembaca, utamanya bagi sesama negarawan Indonesia dan generasi muda sekarang tentang pola hidup sehat sampai kita semua berusaha untuk menghindarkan diri berbagai macam penyakit. Meskipun informasi yang peneliti berikan melalui Artikel ini hanya sebagian kecil saja dan mungkin masih mempunyai banyak kekurangan, tetapi isi dari Artikel ini dapat dijadikan petunjuk untuk mengetahui tentang pola Hidup Sehat.

APAKAH HIDUP SEHAT ITU?
Orang-orang yang secara jasmani memiliki tubuh sehat, namun kondisi rohani sangat memprihatinkan. Orang sukses dan kaya yang memiliki jasmani sehat, belum tentu memiliki kondisi rohani yang sehat.

Bagaimana cara menjaga kondisi jasmani dan rohani agar selalu sehat? Pengertian hidup sehat melingkupi aturan dan pola manusia untuk menjalankan hidup menggunakan cara proporsional dan terkontrol. Pola tersebutlah yang membuat orang menjadi sehat. Untuk sehat membutuhkan aturan, jika hidup tanpa ada aturan maka akan munculah kehidupan yang semberono/ serampangan. Bukan kesehatan fisik saja yang akan terganggu, namun lebih berbahaya lagi jika menyangkut kesehatan pada jiwa.

Kesehatan sangat penting meraih kebahagiaan hidup. Syarat utama agar manusia dapat kenikmatan dan kebahagiaan dalam hidup ini adalah memiliki kesehatan secara jasmani serta rohani. Pengertian hidup sehat menjadi cara seorang manusia untuk menuju kebahagiaan hidup di dunia ini.

Bayangkan, jika seseorang mempunyai segudang harta kekayaan dan dikelilingi orang tercinta, akan tetapi seseorang dalam keadaan stres atau terbaring karna sakit, apakah seseorang akan merasakan kebahagiaan secara sempurna di dalam hidupnya. Oleh sebab itu mulailah membiasakan untuk hidup sehat. Sebab salah satu di antara resep kebahagiaan ternyata adalah hidup dalam kondisi sehat. 

POLA HIDUP SEHAT SECARA JASMANI
Pola memiliki cara, aturan dan hal-hal yang harus dilaksanakan seseorang dalam rangka mencapai tujuan. Untuk hidup sehat secara jasmani, hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui secara fisik bagian dari pada tubuh yang berkontribusi untuk menyumbang masalah penyakit. Tahukah perut adalah sumber dari berbagai macam penyakit?

Perut yang berawal dari mulut dan mulut berhubungan pada pola makan dan kebiasaan memakan makanan. Pola hidup untuk meraih kesehatan jasmani adalah mengatur pola makan Anda. Atur serta kontrollah makanan yang masuk ke mulut. Jangan sembarangan serta jangan berlebihan. Sembarangan yaitu harus selektif dengan makanan berbahaya yang tidak mengandung zat aditif.

Tidak berlebihan mengkonsumsi makanan. Apapun makanan yang di konsumsi adalah makanan sehat dan bergizi, jika memakan dalam jumlah yang berlebihan maka akan menimbulkan dampak buruk serta pengaruh bagi tubuh.

MANFAAT POLA HIDUP SEHAT
Bentuk dari proses tumbuh dan berkembang, seseorang membutuhkan pola hidup sehat yang meningkatkan kualitas agar dapat hidup dengan sehat dan mandiri. Kehidupan yang baik akan didapat jika mampu memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi bahan kimia yang dapat merusak organ tubuh.

Berbicara pola hidup sehat, tidak hanya memfokuskan pada makanan sehat, namun terkait dengan kebiasaan sehat menjalani kehidupan dan tidak kalah penting yaitu kepemilikan pola pikir yang positif. Manusia memandang kehidupan dengan optimis, diyakini mempengaruhi kondisi kejiwaan pada akhirnya membebaskan dari beban pikiran yang dialaminya sehingga mampu menghindarkan dari penyakit yang biasanya disebabkan oleh munculnya setrea, beban pikiran, dan kecemasaan di dalam kehidupan.

Hidup terarah, lebih nyaman, dan selalu bahagia tentunya akan dirasakan jika sesorang sehat secara lahir batin. Kesehatan jasmani menjadikan seseorang mempunyai kesempatan mencapai usia tua dengan kondisi tubuh yang sehatDan kesehatan batin menjadikan manusia selalu berpikir optimis dalam menatap masa-masa depan. Ha-hal tersebut dapat diwujudan jika manusia mengaplikasikan pola hidup sehat.

Berikut ini merupakan manfaat yang diperoleh seseorang jika melakukan dan menerapakan pola hidup sehat di dalam kehidupan nya:
1. Dapat tidur dengan nyenyak
2. Dapat bekerja dengan maksimal
3. Dapat belajar lebih baik
4. Dapat berpikir dengan sehat serta positif
5. Merasakan kedamai,kenyaman dan ketentram
6. Memiliki penampilan sehat
7. Mendapatkan interaksi sosial dan kehidupan yang baik
8. percaya diri
9. Menghemat biaya dalam mendapat kesehatan
10. Terhindar dari berbagai penyakit.

DAMPAK POSITIF POLA HIDUP SEHAT BAGI TUBUH
1. Nafsu makan bertambah karena sistem pencernaan lebih baik
2. Tubuh menjadi kokoh dan kuat karena otot-otot kuat dan besar
3. Tubuh terhadap berbagai macam penyakit
4. Raut wajah terlihat riang
5. Mempunyai keinginan yang keras dan disiplin
6. Peredaran darah menjadi lebih cepat dan lancar
7. Sirkulasi zat-zat yang berada di dalam tubuh menjadi cepat.

KEGIATAN YANG BERPENGARUH BURUK TERHADAP KESEHATAN
Fakta menunjukkan bahwa orang pada zaman dulu memiliki tubuh sehat, mereka jarang terkena penyakit dan berusia panjang dibandingkan manusia zaman ini. Di zaman modern banyak orang meninggal pada usia muda dengan komplikasi penyakit. Menurut data WHO, tujuh kematian disebabkan oleh berbagai penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker. Separuh  orang  dari jumlah tersebut memiliki pola makan yang buruk.

Pola makan modern pemicu utama timbulnya penyakit degeneratif. pola makan modern tidak sesuai dengan pengertian pola hidup sehat, terlalu banyak karbohidrat dan lemak serta kekurangan mengonsumsi serat serta sering memakan makanan yang cepat saji yang mengandung pengawet, kalori kosoang, penyedap rasa, dan lemak. Selain itu kebiasaan ngemil yang berlebihan, merokok juga dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Karena di dalam rokok ada zat kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

DAMPAK BURUK POLA HIDUP TIDAK SEHAT TERHADAP REMAJA
Pola hidup tidak sehat membawa dampak buruk bagi kehidupan. Bukan hanya pola makan yang menjadi penyebab dampak buruk untuk kehidupan. Tetapi Ada beberapa faktor lain, yaitu :
1. Takut tertinggal informasi dan khawatir akan dikucilkan, membuat remaja menjadi sakit. Infobesitas, berlebihnya informasi mambuat remaja stress. Infobesitas merupakan jenis penyakit baru. Keluhan dari seseorang yang terkena dampak kelebihan dari informasi dan takut tertinggal berita dapat membuat  badan menjadi letih, kurang tidur dan masalah konsentrasi.
2. Kecanduan Internet: penyakit ini muncul sejalan dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih. Remaja menghabiskan waktu di depan monitor, Internet sudah menjadi kebutuhan hidup mereka salah satunya membuat tugas ini. Sehingga menghilangkan kosentrasi untuk kegiatan yang lain dan bisa membuat mata kelelahan hingga mengakibatkan kelainan pada mata.
3. Stress: ditambah dengan HP. Sehingga tidak mungkin lepas dari jaringan internet. Keinginan untuk terus tersambung dengan internet, membuat remaja stress.
4. Pengawasan: kurangnya pengawasan orang tua, membuat ramaja kecanduan games yanga dapat menimbulkan dampak buruk yaitu stress. Si anak menjadi cepat lelah, tidak dapat membagi waktu hingga kurang tidur serta konsentrasi menjadi terganggu.

PENERAPAN POLA HIDUP SEHAT
Hal yang peneliti lakukan seperti menyesuaikan kebiasaan sehari-hari dengan kebutuhan. Misalnya pada makan karna saya suka makan. Makan makanan sehat yang dapat meningkatkan kesehatan seta kualitas hidup. Melakukan pola hidup sehat tidak berarti perubahan drastis. Perubahan drastis hampir selalu menyebabkan kegagalan untuk mendapatkan pola makan yang sehat.

Adapun beberapa hal yang peneliti lakukan ini cukup mudah untuk dilakukanPeneliti hanya perlu melakukan langkah-langkah inti untuk mendapatkan hidup sehat, sebagai berikut:
1. Olahraga. hal termudah untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Jenis olahraga yang di lakukan untuk membantu pembakaran metabolisme adalah lari, erobik dan seluruh jenis olahraga yang dapat mengeluarkan keringat.
2. Melakukan gerakan ringan. Mengurangi berat tubuh tanpa harus melakukan olahraga yang berat. Jika belum siap untuk melakukan program secara terjadwal, lakukan gerakan-gerakan ringan seperti:
> Bermainlah dengan teman dan keluarga.
Berjalan-jalan.
> Lakukan kegiatan rumah (menyapu, mencuci sampai memijat istri)
3. Makan yang cukup tidak berlebihan dan tidak kekurangan, makan seperti sunnah rasulullah berhentilah makan sebelum kenyang. Adapun makanan yang dapat terdaftar dalam menu makanan, sebagai berikut:
> Makan buah-buahan.
Mengkonsumsi sayur-mayur.
Makan makanan yang rendah lemak.
Minum 4 gelas air setiap hari MINIMAL tapi jangan berlebihan nanti kembung.
4. Makan sesuai waktunya/ terjadwal.
5. Makan lah makanan yang  di rebus.
6. Kurangi memakan makanan siap saji/ fast food.
7. Mengemil secara sehat (buah-buahan).
8. Memakan makanan yang memiliki nutrisi yang cukup dan seimbang (daging, ikan, kacang buah dan lain-lain)

9. Hindari soft drink karna Minuman jenis ini sedikit mengandung vitamin, mineral, serat atau protein. 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top