Hidup Sehat

Perbedaan Kanker Ovarium dan Kista Ovarium – untuk mengetahui perbedaan antara kanker, kista dan tumor kita harus mengetahui pengertiannya masing-masing dengan mengetahui penyebab Kanker Ovarium dan kista kita dapat menyimpulkan apa perbedaan diantara ke tiga penyankit yang sering menyerang ovarium wanita.

Perbedaan Kista Ovarium Dan Kanker Ovarium

Pengertian Kista Ovarium

Kista adalah tumor jinak yang sering ditemui pada wanita. Bentuknya kistik, yang berisi cairan kental dan ada juga yang berbentuk buah anggur. ada juga kista yang berisi udara, cairan, nanah dan lainnya.
Kista termasuk pada golongan tumor jinak yang dibungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan dari sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal pada sekitarnya dan tak dapat menyebar ke tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak ini relatif mudah diangkat dengan jalan operasi (pembedahan) dan tidak membahayakan penderitanya.
Berdasarkan tingkat keganasan, kista dibagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik yang bersifat jinak dan biasanya mengempis sendiri setelah 2 - 3 bulan. Sementara kista neoplastik pada umumnya harus dilakukan operasi, namun hal itu tergantung ukuran dan sifat kista itu sendiri.
Selain di ovarium kista juga bisa tumbuh di alat reproduksi seorang wanita dan di vulva. Kista yang tumbuh di alat reproduksi, antara lain duktus gartner, inklusi, endometriosis serta adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di vulva, antara lain kelenjar bartholini, kelenjar sebasea atau inklusi epidermal.

Pengertian Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah penyakit di mana ovarium wanita memiliki perkembangan sel-sel yang tidak normal (abnormal).  Pada umumnya, kanker ovarium merupakan suatu kanker yang menyerang daerah ovarium. Kanker ini berkembang cepat bahkan, dari stadium awal sampai ke stadium lanjut hanya dalam satu tahun. Kanker ovarium merupakan proses lanjutan dari tumor malignan pada ovarium. Tumor malignan adalah suatu bentuk perkembangan sel yang tida bisa dikendalikan yang berpotensi menjadi kanker.
Di Negara Inggris, British Medical Journal dan Target Ovarium Center menyatakan membutuhkan waktu 1 bulan untuk mengetahui penyakit ini, sesudah gejala-gejala yang muncul, Pengertian kanker ovarium memang harus diketahui. Namun, gejala-gejalanya tak kalah penting untuk kita ketahui. Pengertian kanker ovarium tak dapat dilepaskan dari tanda-tanda yang berkaitan dengan penyakit kanker ini. Terdapat beberapa tanda umum yang bisa dikenali.

Gejala-Gejala Kanker Ovarium

Bila kita telah mengetahui gejala/tandanya sejak dini, pengobatan kanker bisa lebih cepat dan peluang sembuh lebih besar  di dapat oleh penderita. Oleh karena itu, setelah mengetahui pengertian kanker ovarium para wanita wajib mengetahui gejala umum kanker ovarium. Beberapa tanda/ gejala kanker ovarium adalah:
1. Marasakan nyeri di perut
2. Ukuran perut membesar
3. Susah makan atau keinginan makan berkurang
4. Selalu merasa kekenyangan
5. Sering muntah-muntah
6. Sering buang air besar
7. Perut kembung terus-menerus
8. Terjadi pendarahan yang berbeda dari haid
9. Berat badan turun dengan signifikan
10. Merasa lelah
11. Kepala terasa sakit

Perbedaan Kista Dan Kanker

Kista

Kista adalah rongga patologis yang biasanya berisi cairan kental atau semi likuid Kisat yang berada di dalam jaringan lunak atau keras bagaikan tulang. Rongga kista di rongga mulut selalu dibatasi oleh epitel.
Kista ovarium adalah kista yang tumbuh pada ovarrium terbentuk karena bermacam-macam sebab. Penyebab inilah nantinya yang menentukan tipe dari penyakit kista ini. Diantara beberapa tipe kista ovarium: tipe folikuler adalah tipe kista yang banyak ditemukan pada perempuan. Cairan yang mengisi kista berupa darah yang keluar dikarenakan luka yang terjadi di pembuluh darah kecil pada ovarium. Pada kasus lain, kista dapat diisi oleh jaringan yang abnormal.

Kanker

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tak terkendali dan sel  tersebut menyerang jaringan lainnya, baik dengan tumbuh langsung pada jaringan yang bersebelahan (invasi) atau migrasi sel ke tempat yang lebih jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tak terkendali ini dikarenakan kerusakan DNA, DNA yang rusak menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel-sel. Beberapa mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel yang normal menjadi sel kanker / sel abnormal. Mutasi-mutasi tersebut diakibatkan agen kimia dan fisik yang disebut karsinogen. Mutasi bisa saja terjadi secara spontan atau diwariskan (mutasi germline).
Jadi  kanker berarti  pertumbuhan abnormal sel-sel yang memiliki sifat ganas, invasif, merusak jaringan disekitarnya, menyebar dan tumbuh dengan  sangat cepat.

Penutup Makalah Kanker Ovarium


Mungkin itu lah Perbedaan Kista Ovarium Dan Kanker Ovarium, memiliki kesamaan pada sel yang abnormal tetapi kista bersifat diam (hanya merusak jaringan satu jaringan saja) dan kanker bersifat menyerang (bisa menyebar kejaringan lain di sekitarnya). Sebaiknya obati kanker dan kista secepat mungkin dan konsultasi pada dokter bila terjadi gejala-gejala seperti diatas.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top