Hidup Sehat

Penyebab kanker ovarium yang pastinya hingga sekarang belum diketahui dengan jelas oleh ilmu kedokteran. Namun, peneliti berhasil mengidentifikasi sejumlah faktor utama yang dipercaya menjadi penyebab berkembangnya kanker ovarium di jaringan epitel seseorang. Keakuratannya mencapai 85 – 90 persent. Namun, akurasi ini pun kurang tepat jika digunakan untuk mendiagnosa kanker indung telur yang terjadi di dalam sel germinal dan sel stromal.  

Meskipun seseorang memiliki faktor  yang beresiko terserang kanker ini, jangan khawatir berlebihan terlebih dahulu karena hanya sedikit faktor-faktor ini yang berkembang menjadi kanker yang serius. Jadi apa penyebab kanker ovarium? berikut ini yang menjawab pertanyaan anda:
Baca Juga halaman Utama: Kanker 
Apa Faktor Penyebab Penyakit Kanker Ovarium?

Faktor penyebab kanker ovarium (kanker indung telur)

1. Usia
Mayoritas orang yang terserang kanker ovarium (kanker indung telur) adalah wanita yang akan muncul setelah melewati masa menopause. Kanker ovarium ini biasanya menyerang wanita dengan usia di atas 63 tahun.

2. Sejarah reproduksi
Wanita yang beresiko tinggi mengidap kanker ovarium jika:
- Seorang wanita yang mendapatkan menstruasi sebelum usia 12 tahun
- Tidak mempunyai keturunan
- Memiliki anak sesudah usia 30 tahun
- Mengalami menopause setelah usianya 50 tahun

Terdapat beberapa hubungan antara resiko menderita penyakit kanker ovarium dan jumlah dari siklus menstruasi yang dialami wanita dalam masa hidupnya. Semakin banyak sekali jumlah siklus menstruasi yang telah dilewatinya, maka semakin tinggi pula resiko terkena kanker ovarium.

3. Menggunakan obat penyubur kehamilan
Penelitian menunjukkan penggunaan obat penyubur kehamilan clomiphene citrate dengan waktu lama akan meningkatkan kemungkinan tumbuhnya tumor ovarium, terlebih penggunaan obat tersebut tidak kunjung memberikan kehamilan adalah salah satu penyebab penyakit kanker ovarium. Jadi, bila menggunakan obat penyubur kehamilan, sebaiknya diskusikan penggunaan obat dengan dokter. Sebab, kemandulan pun menjadi salah satu penyebab seorang perempuan rentan terkena kanker ovarium.

4. Sejarah keluarga terkena kanker
Perempuan yang memiliki ibu dan saudara perempuan yang menderita kanker ovarium akan meningkatkan resiko mengidap penyakit ini.

5. Obesitas
Peningkatan resiko terserangnya kanker ovarium pada wanita yang bertubuh gemuk atau malas bergerak. Penelitian menunjukkan perempuan gemuk yang menderita kanker indung telur semakin banyak jumlahnya.

Apa Saja Gejalanya?

Setelah kita mengetahui penyebab utama kanker ovarium seperti diatas maka kita pun harus mengetahui gejala-gejalanya walaupun Kanker ini jarang menunjukkan gejala dengan jelas pada stadium awal. Gejala Kanker Ovarium baru timbul saat kanker memasuki stadium akhir. Tanda-tandanya yang timbul:
1. Bagian perut membengkak dan menjadi tidak nyaman
2. Merasa kembung
3. Gangguan pada pencernaan, kandungan gas yang tinggi atau mual berkepanjangan
5. Berubanya kebiasaan usus, seperti terjadinya konstipasi
6. Hilangnya selera makan Anda
7. Sakit pada punggung


Penyebab kanker ovarium dan gejala yang di timbulnya tidak bisa langsung kita memvonis bahwa telah menderita penyakit tersebut. Setelah kita mengetahui cici-ciri diatas sebaik nya kita berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis kanker ovarium.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top