Hidup Sehat


Marah adalah sesuatu yang bergejolak di dalam hati karna  kesedihan yang berlebihan serta kesombongan yang timbul di dalam diri. Di bawah ini Ayat al-Qur’an yang berhubungan dengan larangan untuk amarah:   خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ     Jadilah Engkau seorang Pemaaf dan suruhlah orang –orang mengerjakan yang ma'ruf (baik), serta berpalinglah engkau dari pada orang-orang bodoh.  (Surat ke 7 [Al – A’raaf] Ayat : 199)   وَلَا يَأْتَلِ أُوْلُوا الْفَضْلِ مِنكُمْ وَالسَّعَةِ أَن يُؤْتُوا أُوْلِي الْقُرْبَى وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ     Dan janganlah orang-orang yang memiliki kelebihan dan kelapangan diantara engkau bersumpah bahwa mereka tidak akan memberikan bantuan kepada kaum kerabat nya (saudara-saudara nya), orang-orang miskin dan orang-orang berhijrah pada jalan Allah dan hendaklah mereka untuk mema'afkan dan berlapang dada. Apakah engkau tidak ingin bahwa Allah mengampuni mu? dan Allah adalah Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (ayat ke 22 ini berhubungan dengan sumpah Abu Bakkar yang sedang emosi tetapi Allah memerintahkannya untuk memaafkan serta lapang dada)]. (Surat ke – 24 [An – Nuur] Ayat : 22)   Amarah timbul karena seseorang terlalu sedih dan memiliki sifat yang sombong. Ketika seseorang sedang marah terlihat dari bentuk tubuh nya, yang bergetar, muka yang menjadi merah dan jantung yang berdebar sangat kencang. Karna kondisi seperti itu sebenarnya orang yang sedang marah telah membebani dirinya sendiri hingga otak, pembuluh darah dan jantung terbebani lebih berat.   Kemarahan yang sering berulang-ulang menunjukkan bahwa yang sedang mahar memiliki penyakit hati. Serta orang yang sering emosi beresiko terkena penyakit menghindari tekanan darah tinggi,  terserang stroke, serta depresi, penyakit saraf pusat, penyakit jantung dan vergito karna disebabkan amarah yang berlebihan.
SIFAT KIKIR MENGAKIBATKAN MENGHINDARI PENYAKIT PIKUN, SULIT TIDUR DAN PARU-PARU
Pada awal penjelasan tentang penyakit pikun, sulit tidur dan paru-paru kita akan beranjak adari ayat al-Qur’an yang telah difirmankan Allah SWT yang berbunyi (Surat ke 47 [Muhammad] : Ayat 38):
هَاأَنتُمْ هَؤُلَاء تُدْعَوْنَ لِتُنفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَمِنكُم مَّن يَبْخَلُ وَمَن يَبْخَلْ فَإِنَّمَا يَبْخَلُ عَن نَّفْسِهِ وَاللَّهُ الْغَنِيُّ وَأَنتُمُ الْفُقَرَاء وَإِن تَتَوَلَّوْا يَسْتَبْدِلْ قَوْماً غَيْرَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُونُوا أَمْثَالَكُمْ

Ingatlah bahwa, kalian semua ini adalah orang-orang yang diajak untuk menafkahkan harta mu pada jalan Allah. Maka di antara kalian semua ada yang kikir dan siapa yang kikir bahwasanya Dia hanyalah berbuat kikir terhadap dirinya sendiri dan Allah-lah Maha Kaya sedangkan kalian semua lah orang - orang yang berkehendak  (miskin di hadapan yang Maha Kaya)  dan jika kalian semua berpaling niscaya Dia akan mengganti kalian semua dengan kaum yang lain dan mereka tidak akan seperti kalian semua ini.
(Surat ke 47 [Muhammad] : Ayat 38)

Pada ayat diatas ada ayat yang saya pertebal dan artinya juga yang saya tulis dengan tulisan yang tebal karna saya tidak mau memenggal-menggal sayat dari al-Qur’an.

Saya akan menjelaskan terlebih dahulu yaitu: apaitu kikir?
Didalam kamus bahasa indonesia Kikir adalah  seseorang yang terlampau hemat dalam penggunaan harta bendanya, lokek, kedekut, pelit serta orang yg tidak memiliki banyak sahabat.

Kikir menurut bahasa arab adalah bakhil. Dan pengertian dari kikir itu sendiri adalah  sifat tercela yang dimiliki oleh manusia yang timbulnya dari rasa egoisme yang sangat berlebihan. Orang yang memiliki karakternya seperti ini mempunyai hati yang sangat keras, tidak mempunyai rasa kasih sayang (belaskasi terhadap sesama manusia). 

Timbulnya sifar kikir ini diawali dengan kecintaan terhadap dunia secara belebihan, takut terhadap kemiskinan, hati yang selalu cemasa serta tidak merasa bahagia. Perasaan-perasaan itu semua mengakibatkan otak dari orang yang memiliki sifat kikir mudah terserang gangguan seperti sulit tidur dan pikun. Dan merasa kesedihan yang berkepanjangan mengakibatkan orang kikir tersebut mudah terserang penyakit paru-paru. Karna itu marilah kita berlindungkepada Allah untuk terhindar dari sifat kikir.

SIFAT MARAH MENGAKIBATKAN DARAH TINGGI,  STROKE, DEPRESI, PENYAKIT SARAF, JANTUNG DAN VERGITO
Marahadalah sesuatu yang bergejolak di dalam hati karna  kesedihan yang berlebihan serta kesombongan yang timbul di dalam diri. Di bawah ini Ayat al-Qur’an yang berhubungan dengan larangan untuk amarah:

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ  

Jadilah Engkau seorang Pemaaf dan suruhlah orang –orang mengerjakan yang ma'ruf (baik), serta berpalinglah engkau dari pada orang-orang bodoh.  (Surat ke 7 [Al – A’raaf] Ayat : 199)

وَلَا يَأْتَلِ أُوْلُوا الْفَضْلِ مِنكُمْ وَالسَّعَةِ أَن يُؤْتُوا أُوْلِي الْقُرْبَى وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا أَلَا تُحِبُّونَ أَن يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ  

Dan janganlah orang-orang yang memiliki kelebihan dan kelapangan diantara engkau bersumpah bahwa mereka tidak akan memberikan bantuan kepada kaum kerabat nya (saudara-saudara nya), orang-orang miskin dan orang-orang berhijrah pada jalan Allah dan hendaklah mereka untuk mema'afkan dan berlapang dada. Apakah engkau tidak ingin bahwa Allah mengampuni mu? dan Allah adalah Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (ayat ke 22 ini berhubungan dengan sumpah Abu Bakkar yang sedang emosi tetapi Allah memerintahkannya untuk memaafkan serta lapang dada)]. (Surat ke – 24 [An – Nuur] Ayat : 22)

Amarah timbul karena seseorang terlalu sedih dan memiliki sifat yang sombong. Ketika seseorang sedang marah terlihat dari bentuk tubuh nya, yang bergetar, muka yang menjadi merah dan jantung yang berdebar sangat kencang. Karna kondisi seperti itu sebenarnya orang yang sedang marah telah membebani dirinya sendiri hingga otak, pembuluh darah dan jantung terbebani lebih berat.

Kemarahan yang sering berulang-ulang menunjukkan bahwa yang sedang mahar memiliki penyakit hati. Serta orang yang sering emosi beresiko terkena penyakit menghindari tekanan darah tinggi,  terserang stroke, serta depresi, penyakit saraf pusat, penyakit jantung dan vergito karna disebabkan amarah yang berlebihan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top