Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat Untuk Balita Cerdas - Gaya hidup sehat akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik untuk anak Anda. Mereka yang mempunyai sistem kekebalan pada tubuh akan mempengaruhi kualitas kehidupan yang baik juga. Serta mempunyai Daya tahan tubuh anak yang baik mempengaruhi tumbuh kembang balita pada fisiknya secara optimal selama masa pertumbuhan dan perkembanggan balita.

Anak-anak bisa memiliki konsentrasi yang jauh lebih baik, mudah pemahaman sesuatu yang dipelajarinya, sehingga berdampak pada prestasi yang bagus . Daya tahan tubuh seorang balita mempengaruhi emosinya. Anak-anak dapat mengembangkan potensi dirinya sendiri.
POLA HIDUP SEHAT UNTUK BALITA CERDAS
Pola Hidup Sehat Untuk Balita Cerdas yang bisa diterapkan:
1.  Makanan dengan gizi seimbang
Komposisi gizi: karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Hal yang harus diperhatikan adalah keamanan setiap jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi oleh balita, makanan yang diberikan sebaiknya berasal dari bahan alami dan terjaga kebersihannya. Untuk meningkatkan selera makan bayi anda agar tumbuh kembang balita maksimal bisa membuat menu bervariatif tanpa mengurangi atau menghilangkan gizi yang dibutuhkannya.

2.  Terapkan pola hidup bersih
Biasakan anak berpola hidup bersih setiap harinya. Misalnya, mengajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mandi di pagi dan sore hari. Metode ini mencegah anak dari kuman yang masuk ke dalam tubuhnya. Membiasakan anak dengan pola hidup bersih ini harus dimulai ketika anak masih balita sehingga menjadi kebiasaan yang akan selalu diingatnya.

3.  Membiasakan Latihan dan berolahraga
Tubuh yang aktif akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Begitu juga dengan anak yang senantiasa diajarkan untuk untuk memilih latihan dan berolahraga secara rutin sehingga mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Menjaga tubuh sehat serta terhindar dari kelebihan berat badan dan tumbuh kembang balita menjadi lebih baik.

Bagi Anak yang suka berlama lama duduk menonton TV atau bermain game harus diimbangi dengan latihan rutin yang terjadwal. Disaranan berolahraga secara teratur seperti berenang atau bersepada selama 30 - 60 menit, minimal 3 kali dalam satu minggu dan lebih baik jika dapat dilakukan setiap hari. Dengan menjaga kebiasaan ini mampu insya Allah dia mampu mempertahankan pola hidup sehat hingga usia masa remajanya nanti.

4.  Istirahat cukup
Aktivitas fisik anak harus diimbangi dengan istirahat/ tidur yang cukup. Anak harus cukup tidur + 8 jam perhari. Dan tambahkan istirahat pada siang hasi (setelah shalat dzuhur) selama 1-2 jam. Orang tua harus menetapkan waktu tidur balita Anda sehingga menjadi kebiasannya. Istirahat sangat penting dalam mengembalikan fungsi sel tubuh dan perkembangan balita setelah anak melakukan akivitas di siang hari. Apabila tidak di imbani dengan cukup istirahat maka dikhawatirkan menurunnya kekebalan tubuh. Kondisi ini memudahkan kuman dan penyakit menyerang tubuh balita.

5.  Menciptakan lingkungan sehat
Lingkungan anak pun bisa mempengaruhi sistem kekebalannya. Sebisa mungkin linkunan rumah untuk terhindar dari pencemaran lingkungan. Rumah sehat jauh dari sumber limbah, air limbah, asap pabrik dan pencemaran lainnya. Lingkungan bersih dan sehat untuk menurani keberadaan bakteri jahat dan kuman yang menyerang anak. Selain itu kebersihan pada kamar bayi anda harus diperhatikan, karna kamar banyak dipergunakan anak untuk bermain dan belajar.

6. Cuci Tangan
Biasakan untuk mencuci tangan terutama sebelum makan, setelah bermain dan setelah memegang sesuatu dan sesudah anak bersin atau batuk yang ditutup dengan tangan. Gunakanlah air mengalir dan sabun ketika mencuci tangan.

7. Konsumsi Banyak Air
Ingatkan anak untuk selalu mengkonsumsi air. Jika akan makan dan minum jus atau minuman instan, pastikan selalu meneguk air sebelum dan setelahnya. Konsumsi air yang cukup adalah faktor terpenting yang membuat Anak Sehat dan Perkembangan Balita.


Dengan memperhatikan 7 Pola Hidup Sehat Untuk Balita Cerdas maka anda telah menerapkan kebiasaan terbaik untuk Anak Cerdas anda pada masa remajanya. Untuk menjaga hidup sehat anak memang tergantung pada peranan oran tua karena anak masih dalam pengawasan sehingga kehidupan terbaik masih berada penawasan dan Cara Perawatan Anak anda.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top