Hidup Sehat

Gejala TBC - Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati
Gejala TBC - Mencegah lebih baik Dari Mengobati - Tuberkulosis (TBC / TB) adalah penyakit infeksi di saluran pernafasan yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri ini adalah bakteri basil yang kuat sehingga memerlukan kurun waktu yang cukup lama untuk mengobatinya. Bakteri ini sering menginfeksi organ paru-paru manusia dengan persentasi 90% dibandingkan organ-organ lain pada tubuh manusia.
Tuberculosis (TBC) adalah penyakit menular yang menjadi perhatian dunia. Sampai saat ini, belum ada negara di dunia yang terbebas dari penyakit TBC. Angka kematian serta kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini sangat tinggi.
Tingkat prevalensi penderita Penyakit TBC di Negara Indonesia diperkirakan sebesar 289/100 ribu penduduk dan insidensinya sebesar 189 / 100 ribu penduduk. Bahkan 27 dari 1000 penduduk terancam meninggal dunia seperti yang dilaporkan oleh Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan.
Laporan tersebut meliris bahwa angka penjaringan penderita baru penyakit TBC meningkat 8,46% dari 744 penderita TBC pada tahun 2010 menjadi 807 per 100rbpenduduk di tahun 2011. Namun, kabar baiknya timbul dengan angka kesembuhan di tahun 2011 mencapai target sebesar 83,7 % dan angka keberhasilan dalam pengobatan di tahun 2011 mencapai 90,3%.

Gejala TBC - Mencegah lebih baik Dari Mengobati

Penderita terserang basil biasanya akan mengalami demam yang tidak terlalu tinggi tapi berlangsung cukup lama, biasanya dirasakan malam hariandan keringat malam. Kadang-kadang merasa demam seperti influenza bersifat hilang timbul. Gejala lainnya, penurunan nafsu makan serta berat tubuh, batuk-batuk lebih dari tiga minggu (bisa disertai darah), perasaan tak enak (malaise) sertalemah.
Agar dapat mengantisipasi dan mencegah penyakit ini, berikut tanda-tanda dan gejala-gejala penyakit tuberculosis yang harus ketahui. Gejala utama Penyakit TBC: “Batuk terus-menerus yang berdahak selama 3 pekan bahkan lebih.

Tanda-tandatambahan yang kadang dijumpai
1. Dahak bercampur darah atau batuk darah
2. Sesak nafas serta nyeri pada dada
3. Demam atau meriang lebih dari 1 bulan
4. Berkeringat di malam hari tanpa ada penyebab yang jelas
5. Badan lemah serta lesu
6. Nafsu makan menurun serta berat badan ikut menurun

"Paling mudah mengetahui seseorang terkena tuberkulosis jika berkeringat pada malam hari tanpa
ada penyebab yang jelas. Walaupun tidak dapat langsung ditetapkan sebagai tuberkulosis karena lebih baik didiagnosis terlebih dahulu, tapi itu adalah salah satu pertanda. Jika lemas, batuk tidak berhenti/berkesudahan, nyeri di dada, dan keringat di malam hari, lebih baik segera periksa," Tusur seorang ahli dalam bidang gejala penyakit tbc.

Menurut
nya ahli gejala tbc paru, untuk memastikan terkena TB atau tidak, tim medis harus melakukan diagnosis dengan mengadakan pemeriksaan terhadap dahak secara mikroskopis langsung (BTA) serta gambaran radio logis (foto rontgen) pada penderita.

Terima kasih, stelah meluangkan waktu untuk membaca artikel tentang Gejala TBC - Mencegah lebih baik Dari Mengobati, kami Saran kan untuk membaca artikel Penyakit Akibat PolaHidup Tidak Sehat karna pola hidup kita yang mengundang datangnya penyakit dan artikel 9 PolaHidup Sehat. Semoga kita di beri kesehatan lahir dan batin. Salam Sehat!

Xanthone, Jus Manggis yang Berkhasiat Mengobati TBC
Xanthone, Jus Manggis yang Berkhasiat Mengobati TBC

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top