Hidup Sehat

Sehat yaitu sebuah rahmat yang wajib untuk mensyukurinya. Sayangnya banyak diantara masyarakat yang meremehkan kesehatannya dan tidak mensyukurinya. Mereka baru menyadari betapa berharganya kesehatan ketika telah tertimpa penyakit atau jatuh sakit. Sakit hakikatnya adalah sebuah teguran bahwa ada pola hidup sehat dan bersih yang salah dan keliru.
Hidup dihiasi oleh episode sehat dan sakit. Setiap sehat pasti nantinya akan menderita sakit. Tetapi ada sebagian orang yang banyak mengalami episode sakitnya dari pada kehidupan yang sehat. Sakitnya pun sakit yang berat sekelas ‘premuim’. Kenapa? Karena Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang ‘diamalkan’ atau dijalankan kekeliruan bahkan salahan. Yang jelas, di setiap sakit akan menguras tabungan-tabungan yang telah di persiapkan untuk masa depan.

Pengertian Pola hidup bersih dan sehat adalah sebuah prilaku hidup yang memenuhi standard hidup sehat dan bersih golongan tertentu. Prilaku hidup bersih dan sehat adalah upaya untuk membangun/ memberdayakan anggota rumah tangga agar selalu sadar, berkeinginan dan mampu melakukan prilaku hidup bersih dan sehat, untuk meningkatkan dan memelihara kesehatannya, mencegah resiko terjadinya berbagai penyakit dan melindungi diri sendiri dari ancaman penyakit serta berperan aktif di dalam gerakan kesehatan masyarakat.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah sebuah usaha untuk memberikan pengalaman/ pengetahuan dengan belajar lalu menciptakan suatu kondisi bagi masyarakat, kelompok keluarga dan yang paling utama adalah perorangan. Dengan memberikan informasi, membuka jalur komunikasi dan melakukan edukasi untuk memberikan/ meningkatkan pengetahuan, prilaku dan sikap melalui pendekatan advocacy (pimpinan), social support (bina suasana) dan empowerment (pemberdayaan masyarakat) sebagai suatu usaha untuk membantu masyarakat mengenali serta mengatasi masalahnya sendiri, dalam masalah masing-masing, agar dapat menerapkan/ mengaplikasikan cara-cara hidup sehat di dalam rangka memelihara, menjaga, dan meningkatkan standar kesehatannya.

PHBS adalah sebuah singkatan dari program pemerintahan tentang “Prilaku Hidup Baik Dan Sehat” yang maksudnya adalah cara hidup yang dapat memberikan jaminan seseorang bisa sehat serta lingkungan hidup yang aman. Dalam mewujutkan hidup Sehat dibutuhkan dukungan dari aktifitas dan pekerjaan lainnya: Untuk sehat paling tidak ada 4 hal yang harus dilakukan :

1. Olahraga teratur
2. Makanan bergizi
3. Lingkungan bersih
4. Menjauhi kebiasaan-kebuasaan jelek atau buruk (misalnya minum alcohol atau merokok)

Tujuan Pola/ Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Tujuan dari pelaksanaan program PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, sikap dan perilaku serta kemandirian setiap keluarga dalam mengatasi masalah-masalah tentang kesehatan, sedangkan menurut Dep Kes RI (1997), tujuan dari PHBS adalah untuk meningkatkan pengetahuan (meningkatkan ilmu), kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat (usaha dari masyarakat) untuk hidup bersih dan sehat, serta meningkatkan (melibatkan) peran serta aktif masyarakat termasuk dunia usaha, dalam upaya (usaha) mewujudkan derajat kesehatan secara optimal.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top