Hidup Sehat

LARANGAN MINUM BERDIRI KESEHATAN BAGI TUBUH
Rasulullah mewarisi kepada seluruh ummatnya dua pusaka yang akan menuntun seluruh alam menuju keselamatan dunia dan akhirat.Pusakanya adalah Al-Qur’an dan Sunnah. Jika dilaksanakan sunnah akan manfaat yang akan dapat.

Sebuah hadist Nabi berbunyi :
Anas R.A meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad (SAW): melarang minum sambil berdiri. Qatadah menjelaskan, “Lalu kami semua bertanya, jika makan?’ Beliau bersabda, jika makan (sambil/ denganberdiri) maka itu lebih buruk dan keji.” (HR. Muslim)

Apa hikmah di balik larangan minum sambil berdiri menurut sudut pandang kesehatan?

Segi kesehatan, Air yang masuk tubuh ketika cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah sebuat struktur muskular (berotot) yang bisa membuka dan menutup (sehingga air kencing bisa keluar). Jika minum sambil berdiri, air yang di minum otomatis masuk tanpa tersaring terlebih dahulu. Terus menuju kekandungan air kencing. Ketika air menuju ke kandungan air kencing akan terjadi pengendapan pada saluran sepanjang perjalanan (ureter). Dikarenakan banyak sisa yang melekat pada ureter ketika lama-kelamaan akan menimbulkan penyakit Kristal ginjal.

Dr. Ibrahim Ar-Rawi ketika seorang manusia berdiri dalam keadaan tertekan dan alat penyeimbang di dalam syaraf sedang aktif. Sehingga, dia (saraf-saraf) melakukan kontrol penuh terhadap semua otot tubuh untuk melakukan keseimbangan dan berdiri tegak. Ini membuat manusia tidak mampu mendapatkan ketenangan dari organ tubuh yang berfungsi ketika melakukan aktifitas makan dan minum. Ketenangan hanya diperoleh manusia saat kondisi duduk. Sejumlah syaraf dan otot dalam keadaan yang tenang dan santai, pancaindra normal dan respon sistem pencernaan terhadap makanan dan minuman juga baik.

Makan dan minum dengan berdiri secara berkelanjutan akan membahayakan dinding usus dan beresiko terjadinya lukan pada lambung. Menurut dokter-dokter, 95 % luka lambung terjadi di tempat jalan masuknya makanan atau minuman. Saat berdiri, akan terjadi penciutan/pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalannya makanan ke dalam usus secara mudah. Ini terkadang membuat rasa sakit dan mengganggu fungsi pencernaan. Mengakibatkan, seseorang bisa kehilangan rasa nyaman/ tenang saat makan dan minum.

Manfaat minum sambil duduk menurut ilmu kesehatan adalah Pada saat duduk, apa yang diminum dan dimakan oleh seseorang manusia akan berjalan pada dinding usus dengan lambat dan perlahan.

Dr Abdul Razzak Al-Kailani “Sesungguhnya makan dan minum duduk lebih baik dari segi kesihatan, lebih puas, lebih selamat; dimana makanan serta minuman lalu di dinding perut dengan keadaan tenang.

Serta makan dalam keadaan duduk membuat sistem saraf dan sistem otot dalam keadaan tenang serta sensation (rasa) akan menjadi aktif dan sistem penghadaman akan bertambahnya kemampuan (ability) untuk menerima makanan setra minuman dan menyerap (assimilation) makanan dengan cara yang lebih betul.

Inilah Hikmah Larangan Makan dan Minum Sambil Berdiri. Mulai sekarang mari ikuti sunnah Nabi secara kaffah agar menjadi Ahli Sunnah Wa Jama’ah dalam Menegakkan Apa yang diperintahkannya.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top