Hidup Sehat

Pada tulisan kali ini akan membahas tentang olehraga pola hidup sehat untuk membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas penjas atau untuk pengetahuan yang kami jelaskan di dalam  pola hidup sehatLangsung saja kita mulai:
OLAHRAGA POLA HIDUP SEHAT
OLAHRAGA POLA HIDUP SEHAT

Pendahuluan
Masalah Pola Hidup Sehat di dalam ini untuk mengetahui lebih jauh tentang masalah KESEHATAN. Pola hidup sehat merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan semua orang. pola hidup sehat memang menjadi tren dikarenakan semakin banyaknya penyakit baru bermunculan. Secara umum, orang-orang telah memiliki penyakit masing-masing.

Dengan pertimbangan dan alasan itulah sebagai bagian dari masyarakat merasa perlu memperhatikan hal ini. Oleh karena itu membahasnya.

Pembahasan
Pengertian Hidup Sehat: Apa Hidup Sehat Itu?
Orang-orang mendambakan hidup dengan sehat. Seperti apa sebenarnya hidup sehat?Pengertian pola hidup sehat didefinisikan: hidup tanpa ganguan yang bersifat fisik / non fisik. Gangguan fisik berupa penyakit yang menyerang fisik seseorang. non fisik menyangkut kesehatan jiwa, hati dan pikiran. Artinya, kesehatan meliputi jasmani dan rohani.

Banyak orang secara jasmani memiliki tubuh sehat dan baik, namun kondisi rohani sangat memprihatinkan. Orang sukses dan kaya mempunyai jasmani sehat, belum tentu kondisi rohani sehat.

Bagaimana agar kondisi jasmani dan rohani senantiasa sehat? Pengertian hidup sehatmencakup pola seseorang untuk menjalankan hidup dengan cara terkontrol. Pola tersebutlah membuat orang menjadi sehat. Untuk sehat dibutuhkan aturan, jika hidup tanpa aturan maka muncullah kehidupan serampangan. Bukan hanya kesehatan fisik yang terganggu, namun lebih lagi jika menyangkut pada kesehatan jiwa.

Kesehatan amatlah penting meraih kebahagiaan hidup. Syarat seseorang dapat menikmati kebahagiaan hidup adalah memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang telah dijelaskan pada artikel pola hidup sehat.

Bayangkan, jika mempunyai kekayaan dan dikelilingi orang tercinta, tetapi dalam keadaan terbaring di rumah sakit, apakah akan merasakan kebahagiaan sempurna???. Oleh sebab itu membiasakan hidup sehat. Sebab salah satu resep kebahagiaan adalah apabila bisa hidup dengan kondisi sehat.

Pola hidup sehat menyangkut aturan mencapai kesehatan jasmani dan rohani, sebab hidup sehat sempurna mencakup aspek jasmani dan rohani.

Pola Hidup Sehat Secara Jasmani
Pola meliputi aturan yang harus dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan. Untuk hidup sehat secara jasmani, hal yang harus perhatikan adalah fisik bagian dari tubuh yang berkontribusi masalah penyakit. Tahukah perut merupakan sumber penyakit?

Perut dari mulut, dan mulut terpulang pada pola makan kebiasaan memakan makanan. untuk meraih kesehatan jasmani adalah dengan mengatur pola makan. kontrollah makanan-makanan masuk ke dalam mulut. Jangan sembarangan dan berlebihan. Sembarangan artinya selektif dengan makanan berbahaya yang mengandung zat aditif.

Tidak berlebihan mengkonsumsi suatu makanan. makanan yang konsumsi, meski makanan sehat dan bergizi, jika makan dalam jumlah berlebihan pengaruh buruk bagi tubuh.

Pola Hidup Sehat Kebahagiaan Rohani
Rohani sehat, jiwa sehat, hati sehat, ruh sehat, keempatnya memiliki makna yang sama. Kesehatan rohani menyangkut pikiran, hati dan batin. Ada hal sederhana mungkin jarang diketahui orang. Sudahkah mempunyai kebiasaan untuk mencek kehalalan makanan yang masuk ke dalam perut? waspadalah dengan kehalalan sebuah makanan. Sebab ketidak halalan dapat mengantarkan pada penyakit rohani jasmani.

Kehalalan meliputi asal usul makanan dan kandungan fisik makanan yang di makan. Resep sehat rohani adalah dengan mengamalkan syukur. Syukur akan mengantarkan pada kebahagiaan. Sikap cukup dengan sesuatu nikmat yang diberikan akan mendorong rohani menjadi sehat.

Banyak yang stres memikirkan harta yang bukan miliknya hanya lantaran tak punya kebiasaan untuk bersyukur.

Pola hidup sehat ala Rasulullah
Kesehatan adalah susuatu sangat berharga. wajib menjaganya. Salah satu yang dilakukan dalam menjaga kesehatan adalah dengan Pola Hidup Sehat. Nah, seperti yang ketahui Rasulullah adalah teladan. karena itu, patut meniru Pola Hidup Sehat Rasulullah.

Berikut adalah Tips Kesehatan atau Pola Hidup Sehat ala Rasulullah menurut Prof. Dr. Mustofa Romadhon berbagai riwayat, adalah sebagai berikut :
1. Beliau bangun sebelum waktu subuh untuk Qiymul lail, asupan awal ke tubuh adalah udara 1/3 malam. pakar kesehatan menyatakan udara pada waktu 1/3 malam kaya akan oksigen, sehingga bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh, berpengaruh terhadap vitalitas dalam aktivitasnya seharian. Itulah sebabnya yang memulai aktivitas dengan bangun subuh, menjalani hari dengan penuh semangat.

2. pagi hari, Beliau bersiwak untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Di Siwak terkandung fluor alami sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Karna itu mari memulai hidup dengan bersiwak seperti yang dicontohkan oleh nabi.

3. Rasulullah membuka sarapannya dengan 1 gelas air dingin yang dicampur sesendok madu asli. madu merupakan obat atas berbagai penyakit. Madu juga mengandung mikronutrisi sangat dibutuhkan tubuh.

4. Masuk waktu dhuha, Rasulullah mengonsumsi 7 buah kurma. Rasulullah pernah bersabda, “Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka terlindung dari racun”.

5. Menjelang sore hari, makanan Rasulullah adalah cuka serta minyak zaitun dikonsumsi dengan roti. Manfaatnya: mencegah lemah pada tulang, mencegah pada kepikunan, melancarkan sembelit, menghancurkan penyakit kolesterol, dll.

6. Di waktu malam hari, makan malam Rasulullah adalah sayuran. Secara umum, sayuran mengandung zat serta fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan pada tubuh dan melindunginya dari penyakit.

7. Setelah makan, tidak langsung tidur. Beliau beraktivitas sehingga makanan yang dikonsumsi masuk kelambung dan mudah dicerna.

8. Beberapa jenis makanan disukai Rasulullah tetapi tidak rutin mengkonsumsinya: campuran roti daging dengan kuah air yang masak, labu air, anggur dan susu.

9. Rasulullah menyempatkan diri untuk berolahraga.

10. Rasulullah tidak menganjurkan untuk bergadang. Beliau tidak suka berbincang dan makan setelah isya. Beliau tidur lebih awal agar bangun lebih pagi. Karena istirahat yang cukup dibutuhkan oleh tubuh.

11.   Intinya adalah menghindari berlebihan dalam makan serta minum. Beliau tidak pernah melakukan makan ketikasesudah kenyang.

Manfaat Pola Hidup Sehat
bentuk dari proses tumbuh, manusia perlu pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas diri agar hidup lebih lama dengan mandiri. Kehidupan lebih baik juga didapat jika manusia memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan sumber makanan yang sehat.

Manusia tentunya disibukkan dengan beragam aktivitas yang merupakan konsekuensi atas pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Aktivitas tersebut beragam, termasuk salah satunya dengan bekerja yang ditujukan untuk memperoleh hasil dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun terkadang manusia lupa bahwa tubuh pun membutuhkan asupan gizi yang sehat demi menyeimbangkan aktivitas mereka yang sangat padat dan beragam tersebut. Beberapa kebiasaan hidup manusia yang kurang baik juga menjadi pemicu gagalnya pola hidup sehat karena mereka tidak memperhatikan pentingnya asupan tersebut bagi tubuh.

Hidup lebih terarah bahagia tentunya dirasakan jika manusia sehat lahir dan batin. Kesehatan jasmani manusia mempunyai kesempatan untuk mencapai harapan hidup lebih tinggi. kesehatan batin menjadikan manusia optimis.

Manfaat yang diperoleh setelah menerapakan pola hidup sehat di dalam kehidupan:
1. tidur nyenyak
2. bekerja maksimal
3. belajar baik
4. berpikir positif
5. Merasakan tentram
6. penampilan yang sehat
7. kehidupan social yang baik
8. percaya diri
9. Menghemat biaya kesehatan
10. dijahui penyakit.



Kesimpulan
hidup sehat mencakup aturan seseorang menjalankan hidup dengan cara terkontrol. Pola yang membuat orang menjadi sehat. sehat butuh aturan, jika hidup tanpa aturan akan muncullah kehidupan serampangan. Bukan kesehatan fisik yang terganggu tetapi jiwa juga.

Kesehatan penting meraih kebahagiaan hidup. Syarat seseorang menikmati kebahagiaan hidup adalah memiliki kesehatan jasmani dan rohani. hidup sehat adalah cara seseorang untuk kebahagiaan hidup.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top