Hidup Sehat

POLA HIDUP SEHAT IBU HAMILPolaHidup.com - pola hidup sehat ketika saat mengandung calon buah hati adalah hal yang sangat penting demi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan janin. Hal ini sangat berpengaruh nanti pada proses persalinan, melahirkan serta mengurangi resiko keguguran, prematur dan sebagainya . serpa perilaku hidup sehat tercermin dengan 2 prilaku: kebiasaan dan makanan ibu hamil. Berikut ini beberapa cara dan tips pola hidup sehat ibu hamil :

A. Dari Segi Makanan Ibu hamil
1.    Pola makan 3J
Ibu hamil wajib memiliki pola makan yang baik. Secara umum pola makan yang baik yaitu yang melaksanakan prinsip 3J : jumlah, Jadwal, dan jenis.

Maksudnya makanan Untuk ibu hamil harus di atur jumlahnya, tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak. begitu juga dengan penjadwalannya. Agar dapat memenuhi gizi ibu hamil wajib makan terjadwal serta teratur dan makan dengan jenis makanan-makanan yang penuh dengan bergizi.

2.    Makanan Untuk Ibu Hamil
Makanan yang baik  untuk gizi ibu hamil tentu saja yang termasuk di dalam kategori 4 sehat 5 sempurna. berikut ini makanan yang PolaHidup.com rekomendasikan untuk makanan untuk wanita hamil:
a.   Buah-buahan beraneka warna
b.   Telur
c.    Daging tanpa lemak
d.   Ikan salmon
e.   Sayuran daun berwarna hijau tua
f.     Kacang
g.    Yogurt yunani
h.   Ubi jalar
i.     Walnut
j.    Popcorn dan biji-bijian lainnya

3.    Makanan Yang Dihindari oleh Ibu Hamil
a.   Jauhi memakan buah-buahan yang terlalu banyak mengandung alkohol seperti durian karena dapat meningkatkan tenakan darah.
b.   Jauhi makanan cepat saji karena banyak mengandung pengawet dan bahan-bahan kimia lainnya
c.    Jauhi mengkonsumsi minuman yang bersoda atau soft drink.
d.   Jauhi mengkonsumsi seafood berjenis kerang. Bukan karna memakan kerangnya tetapi pada zaman ini sulit untuk mencari kerang yang terbebas dari baha-bahan kimia. Kecuali bila kita mempunyai / menernak seafood sendiri.

B.  Dari Segi Kebiasaan
1.     Rokok dilarang untuk ibu hamil karena sangat berbahaya bagi janin dan ibu sendiri. rokok akan memengaruhi kesehatan janin serta berpengaruh proses kehamilan nantinya.
2.    Hirup udara pada pagi hari dan sempatkan senam/ olahraga setiap hari walupun hanya sebentar. ini akan mempermudah proses dalam melahirkan nantinya.
3.    Jauhi stress dan istirahatlah secara teratur dengan cukup, berekreasilah agar menyegarkan pikiran
4.    Mandilah secara teratur di setiap hari untuk menjaga kesehtan badah dan kulit. tetapi jangan berendam apa lagi berendam menggunakan air panas.
5.    Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar, hindari pakaian yang terlalu ketat.
6.    Bila mengalami sembelit, siapkan minimal 12 gelas air putih dan minum setiap hari.
7.    Jauhi aneka macam aroma yang menyengat dan tidak disukai, ini untuk menghindarkan Wanita hamil dari perasaan mual dan ingin muntah.
8.    Untuk menjauhi prasaan mual dan pusing, usahakan ketika bangun tidur atau berdiri secara perlahan jangan melakukannya secara spontan dan sekaligus
9.    Jauhi pemakaian obat-obatan di luar anjuran dari dokter.


Semoga tulisan PolaHidup.com tentang POLA HIDUP SEHAT IBU HAMIL berkenan dan berkesan di hati para pembaca. Dan bermanfaat untuk kita semua dan menjadi ibu hamil hesat. Amin.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top