Hidup Sehat

doa sebelum makan
Membaca Basmallah Ketika Memulai Makan - Etika seorang muslim ketika sebelum makan sebaiknya membaca doa sebelum makan (membaca basmallah) untuk mengungkapkan rasa syukur atas makanan yang diberikan oleh Allah untuk hamba-hamba-Nya dengan makanan sehat.

Makanlah makanan yang baik dalam kehidupan karna pengertian makan adalah kebutuhan pokok manusia dan diperlukan setiap hari, secara alami manusia membutuhka makan dalam satu hari tiga kali makan pagi, makan siang dan makan malam.

Karna begitu banyaknya asupan makanan yang telah kita terima dari Allah dalam setiap harinya selayaknya kita untuk baca doa makan: doa sebelum makan dan doa sesudah makan. Mengucapkan basmallahsebelum makan dan apabila lupa maka ucapkanlah basmallah diawal dan diakhir (ketika kita lupa maka secepatnya untuk ingat dan mengucapkan basmallah). Seperti sabda nabi Muhammad SAW:

عن عائشة رضي الله عنها، أن رسول الله صلي الله عليه و سلم قال : إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ  - رواه أبو داود-
Dari Aisyah r.a, bahwa Rasulullah SAW berkata/bersabda:  "Jika salah seorang diantara kalian sedang makan, maka hendaknya dia menyebut nama Allah Ta'ala (basmallah). Apabila dia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala(basmallah) di awal, hendaklah ia mengucapkan: dengan nama Allah pada awal dan akhirnya (‘Bismillaahi awwalahu wa akhirohu) –H.R. Abu Daud-

Dari hadis diatas dapat kita simpulkan bahwa Rasulullah sangat memerintahkan umatnya untuk mengucapkan basmallah sebelum makan apa bila lupa maka bacalah ketika makan dan masih lupa maka bacalah basmallah sehabis makan. Karna arti dari:
بسم الله الرحمن الرحيم
“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”

Penggabungan antara makan dan basmallah bahwa apa yang kita makan karna pemberian Allah semata-mata seperti sifat Allah (Maha Pengasih dan Maha Penyayang). Banyak dari orang-orang tidak bisa memakan apa yang dia inginkan padahal dia memiliki segalanya (uang, harta hingga makanan yang ingin dia makan) tetapi dia tidak bisa memakan karna dia memiliki penyakit, contohnya:
- Orang yang mengalami darah tinggi tidak bisa memakan daging-dagingan dan lain-lain
- Orang yang mengalami darah rendahpun memiliki banyak pantangan tidak bisa memakan buah alpukat dan lain-lain

Alhamdulillah yang bisa saya ucapkan. Karna kita semua masih bisa memakan apapun yang dihalalkan oleh Allah dan jangan sekali-sekali memakan makan yang diharamkan oleh-Nya karna didalam makanan yang haram terdapat banyak mudhorat/hal-hal berbahaya didalamnya yang belum kita ketahui.

Mari kita sama-sama untuk menerapkan, menyampaikan dan mengamalkan hadis Rasulullah tentang membaca basmallah sebelum makan ini, karna dengan mengamalkan ini kita menjadi hamba yang bersyukur kepada Allah karna kita besa memakan makanan bukan karna usaha/kerja kita tetapi kasih sayang Allah kepada hamba-hambanya.

Nikmat makan ini bukan untuk orang islam saja tetapi untuk semua orang yang ada didunia karna sifat Allah yang begitu besar tanpa pandang bulu. Tetapi orang islam nikmat makannya bukan di dunia saja melainkan di akhirat juga dan tidak dengan orang-orang kafir nikmat makannya hanya di dunia.

Rasa bersyukur itu bisa tercermin dari sikap ketikasedang memakan makan:
- Tidak membuang makanan (tidak mubazir/berlebihan)
- Berbagi dengan tetangga / orang lain

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top