Hidup Sehat

As-Suyuthi mengatakan bahwa sakit diperoleh oleh manusia karena beberapa hal yang dilakukan pelaku, Apa saja yang di lakukan? Gangguan Udara, Makan Dan Minum,  Kekeliruan Dalam Gerak, Istirahat atau tidur yang berlebihan atau kekurangan, Adanya retensi cairan yang berlebiha dan gangguan emisi atau pengeluaran cairan dari tubuh.
POLA PEMIKIRAN KEDOKTERAN DIZAMAN NABI (PEMIKIRAN AS SUYUTHI)
As-Suyuthi mengatakan bahwa sakit diperoleh oleh manusia karena beberapa hal yang dilakukan pelaku, Apa saja penyebab penyakit?
1. Gangguan Udara
Terbukti pada saat ini gangguan udara telah ada dimana-mana serta sulit bagi kita semua untuk mendapatkan udara yang segar dan menenangkan paru-paru kita. Gangguan ini banyak faktor penyebab, krana kendaraan, kebakaran hutan, perusahaan-perusahaan dan lain-lain.

2. Makan Dan Minum
Makan dan minuman pun dapat menjadi sumber penjakit bagi kita, bila kita memakan dan meminum terlalu banyak, ini akan menyengsarakan kita tetapi kila kekurangan makan ini pun dapat membuat kita sakit karna itu ikuti “makan sebelum lapar dan berhenti lah makan sebelum merasa kenyang”

3. Kekeliruan Dalam Gerak
Kekeliruan dalam gerakan dengan gerakan-gerakan yangterlalu berlebihan akan membuat saraf-saraf kita terkejut akan apa yang kita lakukan, karna itu bila melakukan olahraga atau segala sesuatu jangan tergesah-gesah. Awali segala sesuatu secara perlahan (ibarat kendaraan berjalan dari gigi 1, 2, 3 baru bisa ke 4 tetapi kalo langsung ke 4 maka kendaraan kita tidak akan berumur panjang)

4. Istirahat kurang dan berlebihan 
Istirahat atau tidur yang berlebihan atau kurangan tidur akan menimbulkan masalah dalam kehidupan kita. Solusinya adalah beristirhatlah atau tidurlah setelah shalat isa dan bangunlah di waktu malam (1/3 malam) untuk melakukan shalat tahajud. Dan beristirahatlah disiang hari dalam waktu sebentar (bila memiliki waktu.
 
5. Adanya retensi cairan yang berlebiha dan gangguan emisi atau pengeluaran cairan dari tubuh.
Semoga bermanfaat bagi kita semua, seyogyanya kita harus tetap dalam aturan Allah. Mohon maaf bila banyak kesalahan dari tulisan saya.

ISTIRAHAT BERLEBIHAN BISA MELEMAHKAN FISIK DAN JIWA SERTA GANGGUAN JANTUNG DAN OTAK
Istirahat atau tidurberlebihan bisa melemahkan fisik dan jiwa serta menggumpalnya energi di dalam tubuh. Akibatnya sarimakan tidak terserap oleh tubuh secara maksimal (baik) dan predaran darah melambat sehingga dapat menyebabkan gangguan jantung dan otak.

Sebaiknya kita melakukan aktifitas yang bermanfaat walau hanya dirumah saja, membantu olahraga (bisa dengan gerakan-gerakan yang sederhana), membantu isrti, memberskan tempat tidur dan lain-lain. Karna semua aktifitas itu membuat predaran darah menjadi lancar (daripata tidur-tiduran dikamar atau seharian nonton televisi). Walaupun manfaat istirahat sangat banyak tetapi kalo kita lakukan secara berlebihan malah tidak ada manfaatnya, maka lakukanlah istirahat yang berkualitas walaupun dengan istirahat sejenak.

Agar kita terhindar dari dampak terlalu banyak istirahat atau tidur mari kita sering berdoa kepada allah seperti doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah untuk kita semua. Doanya adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ
“Yaa Allah (Yaa Tuhan), saya berlindung kepada Mu dari rasa gelisah dan rasa sedih, saya berlindung kepada Mu dari dari kelemahan dan sifat malas, saya berlindung kepadamu dari ketakutan dan sifat kikir dan saya berlindung kepada Mu dari terlilit hutang dan ditekan oleh orang yang zalim”

Bacalah doa ini setiap habis shalat dan ketika merasa hati kita tidak tenang karna doa ini menghilangkan rasa gelisah, sedih, takut dan sifat lemah, malas, kikir serta tidak memiliki hutang (dapat membayar hutang) dan penindasan orang zalim. Tapi bacala dengan ikhlas semata-mata karna Allah dan Allah mengetahui apa yang terbaik untuk kita. 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top