Hidup Sehat

Pencegahan dan Penyebab Penyakit Anemia
PolaHidup.Com- Pencegahan dan Penyebab Penyakit Anemia - Darah di dalam tubuh terdiri dari plasma dan sel. Serta terdapat tiga jenis sel darah: Pertama, Sel darah putih atau leukosit, Sel darah ini bermanfaat melawan infeksi. Ke-dua, Platelets atau keping darah, Sel darah ini dapat membantu dalam membekukan darah ketika seseorang terluka. Ke-Tiga Sel darah putih atau eritrosit, Sel darah merah ini menghantarkan oksigen dari paru-paru dengan aliran darah menuju otak serta organ dan jaringan-jaringan lainnya.

Tubuh manusia memerlukan suplai oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan sempurna. Terkandung di dalam Sel darah merah adalah hemoglobin. Hemolobin adalah protein yang kayak zat besi yang memberikannya warna ke-merah-merahan.

Sel darah banyak diproduksi sumsum tulang belakang. Untuk bisa memproduksi sel darah merah serta hemoglobin, tubuh membutuhkan zat besi, protein, mineral dan vitamin-vitamin lainnya dari berbagai macam makanan dalam Pencegahan dan Penyebab Penyakit Anemia.

Penyebab Anemia (Kurang Darah)

Anemia terjadi pada saat tubuh memproduksi sedikit sel darah merah dan kehilangan banyak sel darah merah atau banyak matinya sel darah merah dari pada pergantian / memproduksinya. Berikut Penyebab Anemia:
1. Iron deficiency anemia
Penyebab Iron deficiency anemia adalah kekurangan zat besi di dalam tubuh. Sumsum pada tulang membutuhkan zat besi dalam membuat hemoglobin. Tanpa zat besi, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin bagi sel darah merah.

2. Vitamin deficiency anemia
Sebagai tambahan dari zat besi, tubuh juga membutuhkan folat dan vitamin B-12 untuk menghasilkan cukup sel darah merah. Makanan yang rendah zat tersebut serta nutrisi penting lain bisa mengakibatkan penurunan produksinya. Sebagai tambahan, orang-orang tidak bisa dengan efektif dalam menyerap vitamin B-12.

Anemia of chronic disease
Penyakit kronis, contohnya kanker serta HIV/AIDS. Bisa mempengaruhi produksi sel darah merah dan menghasilkan anemia kronis. Gagal ginjal bisa menyebabkan anemia juga.

Aplastic anemia
Jenis seperti ini sangat jarang terjadi serta merupakan kondisi mengancam jiwa manusia. Ini disebabkan karna berkurangnya kemampuan sumsum di tulang belakang menghasilkan ketiga jenis sel darah tersebut. Penyebabnya hingga kini tidak diketahui.

Anemias associated with bone marrow disease
Kondisi bagaikan leukemia dan myelodysplasia bisa menyebabkan anemia menyebabkan produksi darah pada sumsum di bagian tulang belakang berkurang.

Hemolytic anemias
Terjadi ketika sel darah merah hancur dan sumsum tulang belakang tidak bisa mengimbanginya dalam menghasilkan sel darah merahuntuk menggantikannya. Penyakit tertentu ini seperti gangguan pada darah bisa menjadi penyebab. Dan gangguan autoimun tubuh bisa menyebabkan tubuh untuk menghasilkan antibodi terhadap sel darah merah samapai menghancurkan sel darah merah.

Sickle cell anemia
Jenis ini disebabkan oleh kecacatan bentuk hemoglobin yang menciptakan sel darah merah terbentuk bagai sabit. Sel darah merah ini mati dengan prematur serta menyebabkan kondisi kronis kurang sel darah merah.

Anemia lain
Anemia ini berbeda dari lainnya, antara lain thalassemia serta anemia yang disebabkan dengan kecacatan hemoglobin.

 

Pencegahan Penyakit Anemia

Banyak jenis dari anemia tidak bisa dicegah. Tapi bisa membantu menghindari iron deficiency anemia serta vitamin deficiency anemias dengan makan makanan yang sehat mengandung:
1. Zat besi
Ditemukan pada daging. Jenis lain: kacang, sayuran hijau gelap, buah yang dikeringkan dll.
2. Folat
Ditemukan di jeruk, pisang, sayuran hijau gelap, kacang, sereal serta pasta.
3. Vitamin B-12
Banyak terdapat di daging serta susu.
4. Vitamin C
Vitamin C membuat penyerapan zat besi. Makanan mengandung vitamin C: jeruk, melon serta buah beri.

Makanan mengandung zat besi penting untuk orang-orang yang membutuhkan zat besi tinggi seperti anak-anak, wanita mens serta wanita hamil. Zat besi yang cukup penting untuk bayi, atlet dan vegetarian. Terimakasi telah mengunjungi PolaHidup.Com dan membaca artikel Pencegahan dan Penyebab Penyakit Anemia.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top