Hidup Sehat

Jenis dan Penyebab Penyakit Lupus
PolaHidup.Com - Jenis dan Penyebab Penyakit Lupus - Sebelumnya kita telah membahas tentang Ciri-Ciridan Gejala Penyakit Lupus setelah kita ketahui tentang ciri-ciri dan gejalanya maka pada kesempatan ini kami akan tetap membahas seputar lupus tetapi mengenai Jenis dan Penyebab Penyakit Lupus agar sahabat-sahabat PolaHodup.Com bisa mengantisipasi dan menghindari penyakit ini.

Penyebab-nya
Penyakit Lupus adalah sebuah penyakit autoimun muncul ketika organ tubuh terkena zat asing, seperti virus dan bakteri, lalu sistem imun tersebut menyerang jaringan-jaringan tubuh yang sehat. Hal inilah yang menyebabkan kerusakan dan peradangan berbagai bagian-bagian tubuh: sendi, jantung, paru-paru, Pembuluh dara, kulit, ginjal bahkan otak.

Para Dokter pun belum mengetahui apa penyebab penyakit ini dengan pasti. Lupus seperti kombinasi antara genetik serta lingkungan. Banyak dari para penderita dengan karna faktor keturunan mengalami lupus hanyak ketika mereka terkena sesuatu di lingkungan yang mampu memicu lupus, seperti virus dan obat.

Jenis-Jenis-nya
1. Systemic lupus erythematosus
Lupus yang ini pada mulanya bisa berefek pada bagian tubuh mana saja. Sistem di tubuh yang secara umum bisa terkena adalah paru-paru, sendi, kulit, ginjal dan darah. Ketika orang-orang berbicara mengenai lupus, lupus yang dibicarakan biasanya adalah systemic lupus erythematosus.
2. Discoid lupus erythematosus
Lupus yang ini berefek hanya pada dikulit saja. Pendrita dengan lupus discoid mengalami ruam di wajah, kulit kepada dan leher. Sejumlah kecil penderita discoid lupus erythematosus juga bisa mengalami systemic lupus erythematosus, walaupun sulit untuk memprediksi siapa yang akan mengalami bentuk lupus lebih serius.
3. Drug-induced lupus erythematosus
Lupus yang ini terjadi setelah menggunakan obat-obatan tertentu. Tidak semua orang yang memakai obat tersebut langsung mengalami lupus. Lupus jenis ini berefek bagi berbagai sistem di tubuh. Tanda dan gejalanya hilang ketika berhenti mengkonsumsi obat yang mengakibatkan lupus jenis ini.
4. Neonatal lupus
Neonatal lupus adalah jenis yang langka berefek pada bayi baru lahir. Ibu ber-antibody tertentu yang mempunyai hubungan terhadap penyakit autoimun bisa menurunkannya ke-bayi, bahkan jika ibu tidak mempunyai tanda atau gejala penyakit autoimun. Neonatal lupus bisa menghilang sebelum terlihat perkembangannya. Dalam kasus lebih serius bisa menyebabkan masalah di-sistem elektrik jantung.

Faktor risiko-nya
Walaupun dokter-doker tidak mengetahui dengan jelas penyebab lupus, tetapi mereka mengidentifikasi faktor yang meningkatkan risiko penyakit ini:
1. Jenis kelamin: Lupus lebih banyak dialami oleh wanita.
2. Usia: walaupun lupus bisa berefek bagi segala usia, bayi, anak serta orang dew-aasa, akan tetapi lupus umumnya terdiagnosis pada penderita yang berusia 15 hingga 40 th.
3. Ras: Lupus umumnya dialami oleh ras Afrika, Asia dan Hispanics.
4. Sinar matahari: Dengan terkena sinar matahari bisa menyebabkan lupus kulit dan memicu respon internal bagi penderita yang rentan.
5. Obat tertentu: Obat yang dipakai dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan drug-induced lupus. Kebanyak obat yang potensial bisa memicu lupus, sebagai contoh adalah antipsychotic chlorpromazine; obat untuk tekanan darah tinggi, seperti hydralazine; obat untuk jantung procainamide dan obat tuberculosis isonoazid. Biasanya memerlukan jangka waktu penggunaan beberapa bulan sebelum ciri-cirinya timbulnya.
6. Terinfeksi virus Epstein-Barr: adalah virus yang tertidur di sel dari sistem imun penderita meskipun tidak ada alasan yang jelas kenapa dan apa yang menimbulkan virus ini aktif lagi.
7. Terkena zat kimia
Penelitian menunjukkan bahwa penderita yang bekerja, rentan terekspos merkuri serta silica mempunyai peningkatan dalam risiko lupus. Merokok pun bisa beresiko mengalaminya.

Nah, Saudara-saudara sekalian penjelasan mengenai Jenis dan Penyebab Penyakit Lupus. Semoga dapat bermanfaat buat kita semua, setidaknya menambah keilmuan dan pengetahuan.

Gamat Gold Mengobati Penyakit Lupus

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top