Hidup Sehat


Pada kesempatan kali ini Polahidup.comakan membahas tentang etika hidup seorang muslim yang diamalkan dan dilakukan setiap harinya yaitu menghormati pembantu dan menghargai makanan.
HARGAI+MAKANAN+dan+makanan+islam

JANGAN PERNAH MENCELA MAKAN SEKALIPUN
Jangan sekali-kali mencela makanan karana makanan adalah anugrah dari Allah, rezeki yang diberikan kepada umat manusia baik itu orang islam ataupun non islam (seperti dalam kalimat bismillah –dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang-).karna itu gunakanlah resep makanan didalam makanan kita makanan islam sehingga makanan yangdimakan seseorang menjadi makanan halal. Dan nabi Muhammad SAW mengajarkan kita  untuk menghormati segala macam hal:

ماعاب النبي صلى الله عليه وسلم طعاماقط. كان اذااشتهاه اكله وان كرهه تركه
Nabi Muhammad (SAW)tidak pernah mencela sesuatu makanan sekalipun selamanya. Jika dia (nabi Muhaamad) suka maka akan dimakan dan jika dia tidak suka maka dia akan meningglkannya. (HR. Bukhari)

Oleh karna itu marilah kita tidak terlalu banyak berbicara membuka mulut atau mudah mengeluarkan kata kata dari mulut kita karna lidah mu lebih tajam dari pedang tentang makanan halal haram. Ketika seseorangberkomentar tidak enak makan banyak yang terluka oleh katakatanya (pemasak, penyaji dan makanan yang kita cela).

MENGHARGAI PEMBANTU RUMAH TANGGA DAN PEKERJA
Seorang majikan atau bos harus menghargai pegawainya atau orang yang bekerja padanya, karna pekerja rumah tangga telah melakukan banyak hal untuk aktifitas yang terjadi di dalam keluarga mulai dari bangun tidur hingga tidur kembalioleh karna itu cari pembantu yang sesuai dan cocok sesuai hati seorang majikan. Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk saling hormat menghormati dan sayang menyayangi.

Pengertian/ definisi pekerja (pembantu) adalah tenaga kerja rumah tangga  yang bekerja di dalam rumah majikannya hubungan kerja pada seseorang dengan menerima upah yang telah di janjikan.

Dan aktifitas pembantu rumah tangga yang paling sering dilakukan adalah memasak makanan yang baik untuk majikan atau bosnya. Karna itu sangat perlu untuk menghargai/ menghormati pekerja rumah tangga yang telah memberikan waktunya dan mengabdi sepenuhnya tanpa pada majikannya. Karna itu Agama Islam menjelaskan pola hidup yang baikdengan sabda Rasulullah:

عَنْ أَبي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا أَتَى أَحَدَكُمْ خَادِمُهُ بِطَعَامِهِ فَإِنْ لَمْ يُجْلِسْهُ مَعَهُ فَلْيُنَاوِلْهُ  لُقْمَةً أَوْ لُقْمَتَيْنِ أَوْ أُكْلَةً أَوْ أُكْلَتَيْنِ فَإِنَّهُ وَلِيَ وَعِلاَجَهُ  -رواه البخاري-
Artinya: Dari Abu Hurairah (RA) dari Nabi SAW berkata: Jika pembatu datang pada salah seorang dari kalian dengan membawa makanan, jika dia tidak duduk bersama maka berilah sesuap atau dua suap dari makanan-nya, karna dia yang merasakan panasnya makanan dan yang memasak-nya [HR dari Bukhari]

Dari pejelasan diatas sangat mulia sekali cara hidup Rasulullah dengan akhlak yang baik dan saling menghormati dan menghargai pekerjaan seorang pembantu. Agama islam juga mengangkat derajat pembantu, tidak ada ajaran yang sebegini mewahnya mengajak pembantu untuk makan bersama, lagi pula pembantu dan majikan tak ada bedanya yang membedakan hanya imannya kepada Allah.

Maka cari pembantu rumah bila memang benar-benar dibutuhkan tetapi ingatlah bahwa pebantu bukan seorang yang muhrim bagi anggota keluarga, karna itu berhati-hatilah dengan kejahatan pembantu. Dalam mencari pembantu rumahyang baik tidak semudah membalikan telapak tangan.

Dari hadits diatas juga bisa menjelaskan kesetaraan gender yang tidak membeda-bedakan segal jenis manusia dari suku, bangsa, warna kulit, jenis kelamin dan yang lainnya. Apa bila ada orang islam tidak saling menghormati dan tidak saling mengharagai atau malah melecehkan derajat seorang hamba itu bukan karna Agama Islamnya tetapi karna oknumnya yang masih mempertuhankan makhluk Allah, (mempertuhankan harta, jabatan dan yang lainnya).

Semogatulisan polahidup.com tentang hargai makanan dan hormati pembantuà SEGALA KEBENARAN MILIK ALLAH SWT


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top