Hidup Sehat

Mengatur Pola Hidup Sehat lebih mudah dari pada melakukannya. Tapi jika orang tua konsisten melatih anak untuk melakukannya, maka Anak akan terbiasa. Ketika mencapai usia sekolah, kedua orang tua nyaris tidak bisa memantau aktivitas anak secara ketat. Aktivitasnya ketika di luar rumah, memungkinkan dia  bebas dari segala aturan. 

Akan tetapi jika ibu dan ayahnya sejak awal mengajarkan padanya untuk menerapkan pola hidup sehat, disertai alasan yang dapat diterimanya (bukan karena ditakut-takuti atau diancam) maka anak akan paham dan sadar untuk melakukannya.
Pola Hidup Sehat Untuk Anak
Berikut empat  langkah mudah yang dapat Anda ajarkan pada anak sejak dini untuk membentuk tips hidup sehat ini:
1. Aktif Bergerak
Beraktivitas teratur adalah sebuat proses  yang penting dalam pertumbuhan anak. Setidaknya dilakukan setiap hari pada masa pertumbuhannya, sebenarnya anak membutuhkan 60 menit bergerak yang aktif. Tentu saja sebagai orang tua harus memberikan contoh pada mereka. Pastikan orang tua memberikan anaknya jadwal untuk beraktivitas di luar ruang untuk penyimbang kegemarannya menonton televisi, browsing di internet atau main game online.

2. Memilihkan Makanan Sehat
Perkenalkanlah anak-anak anda dengan buah dan sayur. Jenis makanan ini sangat dibutuhkan oleh anak untuk bertumbuh. Sering anak menolak untuk mengkonsumsi jenis buah atau sayuran tertentu, gantilah dengan jenis lain  dan olah buah atau sayuran yang akan anda berikan agar terlihat indah sehingga anak bertanya-tanya “makanan apa ini?”.

3. Konsumsi Banyak Air
Selalu ingatkan anak untuk meminum air. Jika dia ingin minum air kemasan atau jus, pastikan anak anda selalu meminum air putih sebelum dan setelahnya. Konsumsi air putih yang cukup adalah faktor terpenting yang dapat membuat tubuh  tetap sehat.

4. Cuci Tangan
Biasakan untuk mencuci tangan. Terutama sebelum makan, setelah bermain atau memegang sesuatu benda. Membersihkan tangan biasa anda contohkan dengan menggunakan air bersih dan sabun di air yang mengalir selama minimal 20 detik (boleh juga menggunakan cairan antiseptik atau alkohol) untuk saran kami gunakan saja air bersih karena yang alami lebih baik menurut kami.

5. Istirahat cukup
Aktivitas fisik atau olahraga yang telah anda ajarkan pada mereka harus diimbangi dengan istirahat yang baik dan cukup. Anak-anak harus memiliki waktu tidur yang cukup minimal 8 jam per hari. Dan latih juga untuk melakukan istirahat disiang hari selama 1-2 jam setelah sholat Dzuhur tetapi jangan biasakan tidur setelah sholat ashar karna ini tidak baik untuk kesehatannya. 
Kedua Orangtua harus menetapkan waktu tidur anak Anda sehingga membentuk kebiasan yang baik didalam sebuah keluarga. Istirahat merupakan hal penting untuk memperbaiki fungsi sel-sel tubuh setelah anak melakukan akivitas. Jika tidak disertai istirahat yang cukup maka ditakutkan akan mengakibatkan kekebalan tubuh Anak akan menurun. Kondisi seperti ini memudahkan kuman dan penyakit menyerangnya.

Sebelum menerapkan Pola Hidup Sehat Untuk Anak di atas sebaiknya kedua orang tua menerapkannya terlebih dahulu untuk dirinya sendiri karena anak hanya mencontoh apa yang dilakukan oleh kedua orang tuannya. Semoga tulisan ini membantu Anda. selamat mencoba.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top