Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah adalah pola hidup yang menyeluruh dan sangat pas untuk diterapkan oleh manusia modern. Sesungguhnya kehidupan Rasul adalah cara hidup yang sangat cocok untuk dijadikan panduan dan suri teladan oleh manusia modern bahkan siapa saja yang menginginkan hidup sehat lahir dan batin. Artinya, bukan untuk Agama Islam, melainkan seluruh orang yang percaya pada nabi Muhammad.

Jadi mustaghfirin membagi orang menjadi 3 pendapat ini hanya berdasarkan akal dia saja (Muhammad Al Mustaghfirin) bila ada yang salah silahkan kirim pesan dan komentari dia:
1. Orang yang mengamalkan ajaran Muslim dan dia adalah orang Islam (selamat dunia dan akhirat).
2. Orang non Muslim tetapi mengamalkan ajaran islam (dia akan selamat di dunia ini)
3. Orang Mengaku Muslim tetapi tidak mengamalkan ajaran Islam (Hanya Allah yang tahu).
Semoga Muhammad Al Mustaghfirin bin Muhammad Ilyas Yahya bin Muhammad Yahya masuk dalam golongan yang pertama. Amin.
Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah
Kembali kepembahasan lagi tentang hidup sehat ala rasulullah, karna pembagian 3  orang diatas mari kita sama-sama mengikuti apa yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW. Bagi orang non muslim juga silahkan mengikutinya karena nabi muhammd diturunkan bukan hanya untuk orang islam tetapi rahmatan lil alamin (Untuk Alam Semesta Ini).

1. Makan Ketika Beliau Lapar Dan Beliau Berhenti Sebelum Kenyang.
Gaya hidup yang dilakukan oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh dapat dijadikan teladan untuk umat pada zaman sekarang. Hal yang dilakukan oleh Rasulullah ini terbukti secara ilmiah memberikan kesehatan oleh orang yang tidak makan berlebihan.

2. Duduk Ketika Minum
Ketika Beliau merasa haus biasa akan meminum air dengan duduk terlebih dahulu. Cara ini pun terbukti menyehatkan tubuh kita secara ilmiah dimana ketika seseorang meminum air dengan posisi berdiri akan terdapat katup yang belum siap untuk menerima tekanan dari air dan ketika seseorang duduk katup telah siap untuk menerima air yang masuk kedalam tubuh. -  Pola Hidup Sehat Untuk Anak

3. Makan Tangan dan Menggunakan Tangan Kanan
Dizaman modern ini banyak orang makan menggunakan sendok dan garpu dengan alasan lebih bersih dan menyehatkan. “Padahal pendapat itu sangat menyedihkan sekali” Makan dengan tangan dan menggunakan tangan kanan bukan karena tradisi atau orang desa, tetapi menurut sebuah penelitian ini adalah salah satu gaya hidup sehat yang diterapkan oleh Rasulullah. 

Ketika seseorang makan dengan tangan (di cuci dulu karena rasulullah selalu mencuci tangan sebelum makan) karena di tangan seseorang memiliki enzim yang dapat membantu lambung untuk mencerna makanan yang telah dimakan sedangkan seseorang yang makan menggunakan sendok lambung akan bekerja lebih keras untuk mencernannya.
Sedangakan seseorang yang makan menggunakan tangan kanan maka yang aktif otak kiri dimana sifat otak kiri selalu teratur dan berpikir. Sedangkan ketika seseorang yang makan menggunakan tangan kiri maka otomatis yang aktif adalah otak kanan yang bersifat imajinasi dan acak. 

4. Cepat Tidur Dan Cepat Bangun.
-Malam untuk kamu beristirahat dan siang untuk kamu bekerja-
Jika telah masuk waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan tidur (tidur setelah shalat isa dan bangun 1/3 malam). Perkitan tidurnya Rasulullah sebenarnya ini tidak dapat di perkirakan karna setiap tempat memiliki waktunya masing-masing (kalo salah saya mohon ampun pada Allah dan meminta maaf pada anda semua: Tidur setelah isa 20:00 – 1/3 malam 02:00, setelah melakukan shalat malam tidur sebentar sebelum melakukan shalat subuh. - Pola Hidup Sehat Untuk wanita

5. Seringlah berpuasa
Menurut penelitian berpuasa merupakan sebuah metode ampuh untuk menjaga dan menahan diri. Ini adalah sebuah cara sehat yang belum diketahui orang pada zaman sekarang.

Berikut ini gambaran Pola Hidup Sehat Rasulullah sehari-hari:
1. Di pagi hari, Menggunakan siwak menjaga kesehatan mulut dan gigi. Organ tubuh tersebut adalah organ yang berperan dalam mengelolah makanan. Jika mulut dan gigi sakit, maka proses mengkonsumsi makanan akan terganggu.

2. Di pagi hari juga membuka menu sarapannya dengan meminum segelas air dingin yang dicampur sesendok madu asli. 

3. Di waktu dhuha (pagi menjelang siang), mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa’ (jenis kurma kesukaan Rasulullah). 

4. Menjelang sore, Rasulullah biasanya adalah memakan cuka (cuka yang dimakan oleh rasulullah ini belum dapat saya jelaskan cuka yang seperti apa) dan minyak zaitun. Selain itu, Rasulullah pun memakan makanan pokok seperti roti. 

5. Pada malam hari, menu utama untuk makan malam Rasulullah merupakan sayur-sayuran, sayuran yang dimaksud adalah sana al makki dan sanut. Prof. Dr. Musthofa, di Mesir mengatakan keduanya mirip sabbath dan ba’dunis. Intinya sayuran memiliki khasiat yang hampir sama tetapi jelas ada bedanya dengan sana al makki dan sanut.

6. Tidak langsung tidur sesudah makan malam. Beliau biasanya beraktivitas terlebih dahulu agar makanan yang dikonsumsi masuk ke lambung dengan baik dan cepat sehingga mudah untuk dicerna.

7. Selain menu wajib di atas, ada makanan yang disukai oleh Rasulullah tetapi tidak rutin di konsumsinya. Antara lain: tsarid yaitu campuran roti dan daging yang menggunakan kuah air masak. Beliau juga senang memakan buah yaqthin (labu air), terbukti mencegah penyakit gula. Lalu, memakan buah anggur dan hilbah (susu).

8. Berolahraga. Terkadang beliau melakuakan olahraga sambil bermain dengan anak dan cucunya. Rasulullah juga pernah melakukan lomba lari dengan istri, Aisyah radiyallahu’anha. - Diet Sehat

9. Tidak menganjurkan untuk begadang. Beliau tidak menyukai berbincang-bincang dan makan malam setelah isa. Biasanya beliau akan tidur lebih awal agar bangun lebih pagi. Istirahat cukup dibutuhkan tubuh karena tidur adalah hak tubuh.

10. Pola makan Rasulullah SAW ini ternyata cocok dengan irama biologi berupa siklus pencernaan tubuh manusia oleh pakar kesehatan disebut dengan circadian rhytme (irama biologis).

Bila kita melakukan Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah sama seperti yang dilakukan oleh Rasulullah dengan istikomah insya Allah kita akan mendapatkan kesehatan. Intinya kita harus yakin dan sabar.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top