Hidup Sehat

Dapatkan Ginjal Sehat Dan Cara Merawatnya - Ginjal adalah organ yang sangat vital dalam sistem metabolisme tubuh. Fungsi Ginjal sebagai penyaring zat-zat yang tak dibutuhkan oleh tubuh lalu membuangnya melalui urine. Dan ginjal bertugas menyeimbangkan kandungan mineral dan garam di dalam darah sehingga tekanannya tetap seimbang. Oleh Karena itu, menjaga kesehatan ginjal penting seperti menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.
Beberapa dari orang-orang membebani ginjal dengan kebiasaan buruk yang membuat ginjal tak berfungsi secara maksimal. Bahkan penyakit batu ginjal bisa diakibatkan dikarena hal-hal yang sepele.
Cara Merawat Ginjal Sehat
Cara Menjaga Ginjal Tentap Sehat
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk proses dalam menjaga agar ginjal sehat dan berfungsi secara baik.
1. Olahraga
Aktivitas yang kami maksud yakni melakukan aktivitas fisik. Maka Aktiflah bergerak agar tetap menyehatkan ginjal dan tubuh.
2. Menjaga berat badan
kegemukan bukanlah kondisi tubuh sehat, Menjaga berat badan setiap orang agar seluruh organ tubuh bisa bekerja maksimal tanpa ada balutan lemak. Jika berat badan kita berlebihan, maka ginjal jauh lebih lemah dan kerjanya menjadi berat.
3. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal yang akan terus meningkat selama lima tahun terakhir. Data dari IRR tahun 2010 menyatakan, tekanan darah tinggi mengakibatkan penyakit ginjal sebanyak 35 %.
4. Konsumsi Menu Makanan Sehat
Makanan yang terdapat kandungan racun seperti zat pengawet dan pewarna sintetik dapat mengganggu kesehatan ginjal Anda. Dokter spesialis penyakit dalam mengatakan “minuman seperti teh / kopi yang terlalu sering setiap hari bisa mengontribusi pembentukan batu ginjal”. Jadi perlu diseimbangkan dengan meminum air putih setiap harinya.
5. Perbanyak Minum Air Putih
Mencukupi kebutuhan cairan penting bagi organ ginjal. Kita bisa memenuhi kebutuhan ini dengan cara “mengonsumsi sayur dan buahan yang mengandung air atau rutin minum air putih”. Jika rutin beraktivitas dengan kondisi yang mengeluarkan keringat, minumlah dua hingga tiga liter setiap harinya sehingga tidak mengalami dehidrasi.
6. Jauhi merok-ok dan All-kohol
Rok-ok sudah lama dikenal sebagai pemicu berbagai penyakit berat, termasuk penyakit ginjal. Sam halnya dengan mengkonsumsi all-kohol.
7. Hindari Mengkonsumsi Makanan Asin
Makanan asin memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi. Sodium melemahkan kerja ginjal serta membuat ginjal terganggu kinerjanya.
8. Hindari stres
Selalu berusaha melakukan kegiatan-kegiatan positif dan rileks supaya terhindar dari stres. Stres bisa memicu berbagai reaksi tubuh dan mempengaruhi kondisi tekanan darah yang berefek pada ginjal.
9. Menjaga Kadar Gula Pada Darah
Penyakit diabetes merupakan faktor lain risiko penyakit ginjal. Data dari Indonesian Renal Registry pada tahun 2010, diabetes menyumbangkan 25 % penyebab penyakit ginjal manusia.
Baca Juga:


Makanan untuk Kesehatan Ginjal
Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan ginjal seperti garam. Namun ada makanan yang membantu menjaga kesehatan ginjal seperti:
1. Buah Apel
Buah ini baik dikonsumsi untuk fungsi ginjal. Sebab apel memiliki serat serta anti-inflmasi yang meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
2. Kembang kol
Makanan ini bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Karna kembang kol mengandung vitamin C dan kalium yang rendah. Sehingga membantu membersihkan organ ginjal dan detoksifikasi.
3. Stroberi
Stroberi mengandung vit C, antioksidan, magnesium dan serat yang baik pada ginjal. Selain itu, kandungan stroberi dapat membersihkan ginjal.
4. Buah Anggur berwarna merah
Kandungan flavonoid pada anggur berefek positif bagi kesehatan jantung. Di samping itu membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.
5. Sawi
Sayuran hijau merupakan makanan baik untuk ginjal. Karna sawi mengandung yang kaya vitamin K dan kalium yang rendah.
6. Jahe
Kandungan anti-inflamasi di jahe baik dikonsumsi untuk kesehatan organ ginjal. Karna dapat membersihkan organ ginjal, jahe pun dapat membantu membersihkan darah di dalam tubuh.

Hal-Hal Yang Dapat Merusak Kesehatan Ginjal
Selain mengetahui hal yang bermanfaat untuk ginjal juga perlu mengetahui apa yang buruk untuk ginjal. Berikut ini hal-hal yang merusak ginjal.
1. Obat pereda nyeri
2. Rokok dan Alkohol
3. Konsumsi gula berlebihan
4. Konsumsi garam berlebih

Kesehatan ginjal memang penting untuk selalu dijaga. Namun bukan berarti kita mengabaikan kesehatan organ-organ tubuh penting lainnya. Baca juga artikel-artikel lain tentang hidup sehat Anda yang sudah kami publikasikan sebelumnya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top