Hidup Sehat

Cara Merawat Rambut Bercabang, Rusak dan Kering - Rambut sehat dan indah adalah dambaan seluruh wanita. Namun kadang kala banyak hal yang menjadi penyebab rambut rusak. Diantaranya adalah rambut kering, rambut rontok, dan rambut yang bercabang.
Rambut rusak bisa dikarnakan oleh beberapa hal, diantaranya kelamaan terkena sinar ultraviolet (sinar matahari), terkena berbagai zat-zat kimia dari berbagai produk perawatan rambut yang tak aman dan karena berbagai kesalahan dalam merawat serta memperlakukan rambut kita sendiri.
Lalu seperti apa cara merawat rambut yang benar supaya tidak mudah rusak, bercabang ataupun rambut menjadi kering? Oke, beberapa tips berikut ini semoga membantu Anda:
1. Membersihkan Rambut
Membersihkan rambut sebaiknya setiap hari atau dua hari sekali memakai shampo yang memiliki kandungan vitamin E. Vit ini baik untuk memperbaiki rambut yang rusak. Pastikan Anda membersihkan juga sisa shampo ketika membilas rambut menggunakan air dingin.
2. Gunakanlah Kondisioner Rambut
Minimal satu kali dalam seminggu, menggunakan kondisioner setelah mengkeramas rambut dengan shampo lalu diamkan + 10 samapai 15 menit sebelum mencucinya. Pastikan tak ada kondisioner yang tertinggal atau tersisa ketika membilas rambut. Ketika menggunakan kondisioner, pastikan tak mengenai kulit kepala Anda karena bisa membuat rambut menjadi lepek dan berminyak.
3. Cuka Apel
Cuka Apel dapat mengurangi rambut rusak serta menjadikannya lebih halus. Campur satu sendok makan minyak gandum ke dalam setengah cangkir sari cuka apel dan 2 cangkir air. Oleskanlah campuran ke rambut sesudah keramas, ketika rambut anda masih basah. Diamkan + 10 menit, kemudian bilas samapai bersih tanpa memakai shampo. Untuk menghilangkan bau menyengat dari cuka apel.
4. Mayones
Asam lemak di mayones berfungsi melembutkan rambut serta menghasilkan minyak alami rambut. Lalu keramas dan keringkan rambut menggunakan handuk, oleskan satu sendok mayones ke rambut dan bungkus rambut menggunakan shower cap atau handuk yang panas. Biarkan mayones meresap ke rambut + 15 - 20 menit. Lalu bilas rambut dengan shampo bayi atau sampo herbal.
5. Minyak Alami
Menggunakan minyak alami ke rambut seperti minyak kelapa, bunga matahari dan minyak almond untuk membuat rambut halus dan meningkatkan kelembutannya. Caranya dengan mengoleskan minyak alami ke rambut setelah keramas, bungkuslah rambut dengan handuk agar hangat, diamkan + 15 sampai 20 menit. Lali bilaslah rambut Anda sampai bersih.
6. Minyak Zaitun
Satu kali dalam 2 minggu, mengoleskan zaitun hangat di rambut yang basah sebelum Anda keramas. Biarkan + 5 menit, setelah itu berkeramas menggunakan shampo seperti biasanya. Untuk menghangatkan minyak zaitun ini, pakailah microwave.
7. Jangan Menggosok
Ketika mengeringkan rambut Anda, sebaiknya remas lembut rambut memakai handung lembut dari pada menggosoknya dengan tangan. Karna menggosok rambut yang terlalu kuat dapat menyebabkan gesekan yang membuat kerusakan lebih lanjut di lapisan terluar dari rambut.
8. Menyisir Rambut
Gunakan sisir rambut yang bergigi lebar ketika bersisir. Tak usah menyisir rambut berkali-kali, sebaiknya lakukan hingga rambut tidak kusut saja.
9. Gel Lidah Buaya
Jika menginginkan rambut menjadi klimis, gunakanlah gel aloe vera dari pada gel rambut. Aloe vera yang murni tidak mengandung all-kohol bisa membantu dalam memperbaiki rambut. Gel aloe vera bisa diproleh di toko obat di dekat rumah anda.
10. Hindari Pengering Rambut
Sebisa mungkin Anda harus menghindari pengeringan rambut dengan dipanaskan. Cara ini bisa membuat rambut menjadi setres dan kerusakan akan lebih parah. Sebaiknya jika ingin mengeringkan rambut gunakanlah dikipas atau diangini-angini saja.
11. Vitamin B
Mengkonsumsi vitamin B kompleks dengan rutin setiap hari. mengandung biotin di vitamin B kompleks menguatkan rambut. Anda dapat memproleh vitamin B kompleks di dalam telur, pisang dan kacang-kacangan.
12. Memotong Rambut
Potonglah rambut dengan reguler tetapi jangan terlalu pendek. Satu-satunya cara dalam mengatasi rambut bercabang dengan memotongnya.


Nah, inilah beberapa cara merawat rambut kering, rambut rusak dan bercabang. Semoga tips dan info ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Jangan lupa bagikan tips dan cara merawat rambut ini kepada teman-teman anda dan tinggalkan sedikit komentar anda.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top