Hidup Sehat

Sesak Napas dan Cara Pertolongan Pertama Ketika Menderita Sesak Napas - sesak napas memang melanda seluruh kalangan baik itu orang kaya atau miskin, anak-anak ataupun orang tua dan perempuan atau laki-laki. sesak nafas susah di hilangkan cara yang terbaik adalah dengan pola hidup sehat, akan tetapi bila kita terserang sesak nafas berikut ini ada tips-tips mengatasinya. akan tetapi sebelum kita menjelaskan cara menolong orang yang terserang penyakit ini sebaiknya kita ketahui apa itu Sesak Nafas (Dyspnea).

Pengertian Sesak Nafas (Dyspnea)

Sesak nafas merupakan perasaan sulit bernapas yang biasanya terjadi ketika kita melakukan aktivitas fisik.Sesak napas yaitu suatu gejala dari beberapa penyakit yang dapat bersifat kronis. Sesak napas juga dikenal dengan  “Shortness Of Breath”. Kejadian-kejadian sesak nafas bergantung dari tingkat keparahan serta sebabnya.
Perasaan itu sendiri adalah hasil dari kombinasi impuls ke otak dari saraf yang berakhir di paru-paru, tulang iga, otot dada / diafragma, ditambah dengan persepsi serta interpretasi pasien.
Ada beberapa kasus, sesak napas diperhebat karena kegelisahan memikirkan penyebabnya.
Ada Pasien mendeskripsikan dyspnea dengan berbagai cara, sesak napas yang tak menyenangkan, merasa sulit untuk menggerakkan otot dada, merasa tercekik, dan rasa kejang pada otot dada.

Macam-Macam Sesak Napas antara lain :

A. Dyspnea (Sesak Nafas) akut
Dyspnea atau Sesak Nafas akut denfan awal yang tiba-tiba merupakan penyebab umum kunjungan ruang gawat darurat. Penyebab dyspnea akut diantaranya penyakit pernapasan (pada paru-paru dan pernapasan), penyakit jantung atau trauma dada.
B. Dyspnea (Sesak Nafas) kronis
Dyspnea (Sesak Nafas) kronis (yang menahun) dapat disebabkan oleh penyakit asma, (PPOK) Penyakit Paru Obstruktif Kronis, inflamasi paru-paru, tumor, kelainan pita suara.


Penyebab Sesak Nafas

Oksigen merupakan kebutuhan pokok tubuh, maka sangat sangat diperlukan dalam jumlah berlimpah supaya setiap sel bisa melakukan metabolisme. Beberapa penyebab sesak nafas:
1. Sesak Nafas akibat Faktor Keturunan. Yang memang dari sononya mempunya paru-paru dan organ pernafasan lemah. Ditambah dengan kelelahan bekerja dan gelisah, maka bagian-bagian tubuh akan memulai fungsi tak normal. Kabar baiknya, ini tak otomatis membuat tubuh menderita, sebab secara alami akan melindungi diri sendiri. tetapi demikian, sistem pertahanan bekerja ekstra, bahkan kadang-kadang alergi serta asma timbul sebagai reaksi dari sistem pertahanan tubuh yang bekerja sangat  keras.
2. Sesak Nafas diakibatkan Faktor lingkungan. Udara dingin dan lembab dapat menyebabkan sesak nafas. Demikian  dengan serbuk sari bunga (pollen) dan partikel lain. Bekerja pada lingkungan berdebu atau asap dapat memicu sesak nafas berkepanjangan. Polusi di saluran hidung disebabkan pula oleh rokok yang dengan langsung dapat mengurangi masuknya oksigen.
3. Sesak Nafas dikarenakan kurangnya asupan cairan. Sesak Nafas karena kurangnya asupan cairan hingga lendir pada paru-paru dan saluran nafas mengental. Kondisi ini juga menjadi situasi menyenangkan bagi mikroba untuk berkembang biak.
4. Masalah susunan tulang atau otot tegang pada punggung bagian atas akan menghambat sensor syaraf serta bioenergi dari dan menuju paru-paru.
5. Sesak Nafas dikarenakan ketidakstabilan emosi. Orang-orang yang gelisah, depresi, ketakutan, rendah diri cendertung  sering menahan nafas. Atau justru menarik nafas terlalu sering serta dangkal sehingga terengah-engah. Dalam waktu yang lama, kebiasaan ini berpengaruh terhadap produksi dari kelenjar adrenal dan hormon, yang berkaitan langsung dengan sistem kekebalan dan pertahanan tubuh. Kurang pendidikan bisa juga menyebabkan sesak nafas. Pengetahuan tentang cara bernafas yang baik dan benar akan bermanfaat di dalam jangka panjang baik terhadap fisik / emosi seseorang.

Pertolongan Pertama Pada Sesak Napas

Asma adalah jenis penyakit yang dapat menyerang tiba-tiba. Tetapi, penyakit sesak nafas ini biasa menyerang kerika udara dingin. Sesak nafas banyak yang menganggap remeh penyakit ini padahal apabila tak ditangani dengan cepat penyakit ini dapat menjadi parah bahkan menyebabkan kematian.

Sesak nafas adalah penyakit yang berkaitan erat dengan pernapasan. Penyakit ini disebabkan oleh menyempitnya saluran pernapasan / adanya peradangan.
Penderita Sesak Napas
ketika penderita sesak napas mengalami serangan sesak napas perlu adanya pertolongan, berikut ini tips cara pertolongan pertama pada sesak napas atau asma.
Pertama. Saat anda bertemu orang yang terkena sesak napas bawalah orang tersebut ke tempat yang tenang serta dia dapat beristirahat.
Kedua. Bantulah si penderita supaya dapat setengah duduk dan sandarkan pundaknya dengan bantal atau apapun. lalu Usahakan si penderita jangan dalam keadaan tidur karena akan memperparah keadaannya
Ketiga. Air hangat akan membantu keadaan penderita menjadi lebih baik. Karena air hangat bisa membantu menghangatkan dada dan membantu pernapasan
Keempat. Pijit pelan-pelan di jempol kaki penderita.
Kelima. Apabila sudah mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan pada saat teman atau saudara anda terkena sesak napas maka harus bisa lebih tenang dalam menghadapi teman atau siapapun yang dapat anda temui.
Kelima. Semua sudah anda lakukan tapi si penderita tidak ada kemajuan segera bawalah penderita ke dokter.

Semoga tulisan dari Pola Hidup Untuk Sehat ini tentang Sesak Napas dan Cara Pertolongan Pertama Ketika Menderita Sesak Napas dapat memberikan kesehatan dan membuat ada selalu bahagia dan dapat menjalani aktifitas lebih baik lagi.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top