Hidup Sehat

Cara Hidup Sehat - Islam adalah agama yang mengatur semua aspek kehidupan manusia, bertujuan untuk mengatur kemakmuran di muka bumi ini guna menuju kebahagiaan yang hakiki di dunia dan akhirat. Diantara penunjang kebahagian adalah dengan memiliki kesehatan jasmani dan rohani, sehingga dapat beribadah dengan lebih baik pada Allah SWT. 

Cara Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Agama Islam mengutamakan kesehatan (lahir batin) dan menempatkan hal ini pada kenikmatan kedua sesudah kenikmatan Iman. Sebagaimana sabda dari baginda Nabi Muhammad SAW. : “Mohonlah kepada Allah pengampunan, kesehatan dan keyakinan didunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah tidak memberikan kepada seseorang sesudah keyakinan (Iman) yang lebih baik dari pada kesehatan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Tirmidzi dari Abu Bakar, sahih sanadnya dari Ibnu Abbas) - saran kami sebaiknya periksa kembali hadi diatas karena kami takut terjadi kesalahan.
Cara Pola Hidup Sehat Menurut Islam
Sebagaimana orang yang ingin pandai tentu harus belajar dan untuk mendapatkan tubuh yang sehat seseorang pun harus berusaha mengenal prinsip hidup sehat setelah itu menerapkannya dan inilah beberapa petunjuk dari Agama Islam yang berhubungan dengan kesehatan, berikut ini cara hidup sehat menurut islam:

1. Makan jangan sampai Berlebihan
Di dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf: 31 firman Allah SWT: artinya ...”Makan dan minum lah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yg berlebih-lebihan.” (QS. 7: ayat 31).

Dan di dalam surat Thaha ayat ke-81, firman Allah SWT yang artinya : “Makanlah di antara rizki yg baik yg telah kami berikan kepada mu, dan jangan lah melampaui batas padanya, yg menyebabkan kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.” (QS. 20: ayat 81), Di dalam ilmu kesehatan, makan & minum adalah kebutuhan dalam pemenuhan nutrisi untuk penunjang hidup, yang jumlah dan macamnya harus kita sesuaikan dengan keperluan tubuh, tak boleh kekurangan dan berlebihan. Jika kekurangan atau berlebihan maka akan menggangu kesehatan tubuh kita.

Sehubungan dengan ini Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah seseorang manusia memenuhi satu wadah yang lebih buruk dari pada perutnya, Cukup lah bagi anak manusia beberapa makanan yg bisa menegakkan tulang rusuknya, jika memang harus makan banyak maka sepertiga untuk makanan-nya, sepertiga untuk minuman-nya, dan sepertiga untuk nafas-nya (Udara).” (HR. Tirmidzi: 2302, nasai dari Inbu Majah)

Allah SWT. Berfirman "artinya": ” Dan makanlah makanan yg halal lagi baik dari apa yg Allah telah rizqikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yg kamu beriman kepada-Nya”. (QS. 5: ayat 88) dengan memenuhi makan yg memenuhi unsur gizi ini lagi baik (thayyib) diharapkan tubuh berada dalam keadaan yg optimal sehingga daya tahan tubuh akan bekerja secara maksimal dalam menolak segala macam penyakit.

3. Di Samping itu NAbi SAW. menganjurkan supaya mendinginkan makanan atau minuman sebelum kita makan / diminum
Sabdanya : “Dinginkan makanan dan minuman kamu sesungguhnya tidak ada kebaikan pada makanan atau minuman yg panas.” (HR. Al-hakim & Ad-Dailami). Mendinginkannya tidak dgn ditiup dengan nafas karena ini juga dilarang oleh NAbi SAW. (HR. Ibnu Majah)

Pada bidang Gastroenterologi diketahui bahwa makanan yg panas bisa menyebabkan permukaan pada selaput lendir saluran cerna yg menyebabkan rasa sakit, rasa panas, perih, kembung, mual,rasa penuh, rasa seperti diiris Dll.

4. Tidak minum Alkohol dan apa pun yang merusak tubuh
Allah SWT. Berfirman: “Mereka bertanya tentang khamar dan judi, katakanlah, pada keduanya ad bahaya yg besar dan pula manfaatnya pada manusia, dan bahaya-nya lebih besar dari manfaatnya.” (QS. Al-Baqarah: ayat ke - 219). ada ayat: Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yg beriman sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan Syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. 5: ayat - 10)

B. Hidup Menurut Islam dalam Menjaga Kebersihan
Nabi Muhammad SAW. bersabda: “Bersihkan halaman-halaman karena Yahudi tak memebersihkan halaman-halaman mereka.” (HR. Thabrani)
Nabi Muhammad SAW. Bersabda: “Sesungguhnya Allah Indah, menyukai keindahan, bersih, menyukai kebersihan, Mulia, menyukai kemuliaan dan Dermawan menyukai kedermawanan, maka bersihkanlah halaman-halamanmu dan janganlah meniru orang-orang yahudi.” (Hr. Tirmidzi : 2723, dhaif) 
Dalam Al-Qur’an Allah SWT berkata yang artinya: “Dan diturunkan padamu air dari langit (hujan) untuk alat pembersih dirimu. (QS. Al-anfal:11)

Diriwayatkan oleh para sahabat, bahwa mereka tak pernah melihat noda / kotoran pada baju Nabi SAW. Walaupun beliau (Nabi SAW) menyukai pakaian / baju yang berwarna putih. Juga mereka tak pernah mencium bau yang tak sedap dari diri Nabi SAW. Beliau tak senang melihat salah seorang sahabat yang rambutnya tak rapi apabila menghadap beliau (Rasulullah), dan memerintahkan nya untuk mencuci lalu menyisir rambut terlebih dahulu jika ingin menghadap beliau (Nabi Muhammad).

Demikian juga NAbi Muhammad SAW. Memerintahkan para sahabat atau umatnya untuk bersiwak atau memberihkan gigi setiap akan shalat, dan memotong kuku setiap Jum’at dan mencukur rambut ketiak & bulu kemaluannya minimal sekali dalam setiap empat puluh (40) hari. Ini mencerminkan besarnya perhatian beliau terhadap masalah kebersihan perseorangan. Selanjutnya NAbi Muhammad SAW. Menganjurkan para sahabatnya supaya memberi tutup di tempat makan dan minum-nya.  

C. OLAH RAGA
Bagaimana Cara Hidup Sehat? salah satu jawabannya adalah dengan melakukan olahraga. karena Olah raga berguna bagi kesehatan. Dengan olahraga teratur, terukur dan bersifat aerobic memberikan banyak manfaat. diantaranya mencegah kegemukan dengan segala dampak-dampak negatifnya, menguatkan otot-otot tubuh, seperti otot jantung, pernafasan, otot-otot tubuh, dan lebih melancarkan peredaran darah di dalam sel-sel tubuh dan memberikan diet sehat.

Nabi SAW. senang berolah raga. Diriwayatkan Siti Aisyah, bahwa beliau suka mengajak Siti Aisyah berlomba lari sejak Siti Aisyah masih belia hingga tua. Diriwayatkan pula bahwa Nabi SAW. Suka berjalan kaki walaupun kuda dan unta tersedia bagi beliau. Diriwayatkan pula, bahwa cara nabi berjalan, yaitu seperti jalannya orang yg menuruni bukit, yaitu berjalan dengan cepat. Demikian juga Nabi SAW. Pernah mewajibkan para orang tua untuk mengajarkan renang dan memanah kepada putra putri-nya (HR. Al-hakim). Lari cepat & renang adalah  jenis olah raga aerobic yang dianjurakan saat ini oleh ahli kesehatan olahraga ini untuk menjaga kebugaran. 
Baca Juga:
Oleh para ahli, meminum al-kohol bisa menimbulkan kerusakan seluruh bagian tubuh, seperti jantung, sistem syaraf, pembuluh darah, hati, saluran cerna dan bagian tubuh lainnya. Karena itu gunakan Cara Hidup Sehat karena di dalam sunnah Rasulullah terdapat kejayaan yang terkadang belum dapat kita pahami.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top