Hidup Sehat

9 Tips Mencegah Diabetes Sejak Dini

Diabetes adalah penyakit karena tubuh tidak mampu untuk mengendalikan glukosa di dalam  aliran darah.  Ini menyebabkan hiperglikemia, sebuah keadaan gula darah yang tingginya sudah sangat membahayakan.

Faktor utama dari diabetes adalah insulin, hormon yang dihasilkan oleh sel beta di pankreas.  Insulin memberikan sinyal kepada sel tubuh untuk menyerap glukosa.  Insulin, bekerja sama dengan hormon pankreas lain: glukagon, juga mengendalikan kadar glukosa pada darah.  Jika tubuh menghasilkan terlampau sedikit insulin / jika sel tubuh tak menanggapi insulin dengan tepat maka akan terjadilah diabetes.

Beberapa sebab kemungkinan Glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel:
- Tidak cukupnya insulin.
- Mungkin terdapat banyak insulin, tetapi tidak bisa membuka reseptor.
- Mungkin terlalu sedikit reseptor untuk glukosa.

Glukosa dalam aliran darah akan tetap disebut hiperglikemia dikenal sebagai gula darah tinggi. Glukosa yang cukup di dalam sel, sel-sel kita tidak bisa membuat energi yang dibutuhkan dalam menjaga kebutuhan energi untuk tubuh berjalan dengan lancar.


Tips atau cara mencegah diabetes:
1. Lakukan Banyak Aktivitas Fisik Ini Adalah Salah Satu Obat Tradisional Diabetes
Banyak Aktivitas Fisik Terdapat banyak manfaat berolahraga dengan teratur. Latihan olahraga biasa membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang membantu menjaga jumlah gula darah dalam kisaran yang normal. berolahraga 3 hingga 4 kali seminggu akan sangat bermanfaat pada setiap orang.

2. Makan Banyak Serat Merupakan Obat Diabet
Makanan yang berserat tidak hanya mengurangi risiko diabetes dalam mengontrol gula darah tetapi menurunkan resiko penyakit jantung serta menjaga berat badan menjadi ideal. Makanan tinggi serat antara lain sayuran, biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan serta umbi-umbian. Diantara makanan tinggi serat yang terbukti bisa mengendalikan diabetes adalah dedak padi.

3. Makanlah Kacang-Kacangan Dan Biji-Bijian Langkah Awal Dalam Mencegah Penyakit Diabetes
Walaupun tidak jelas kenapa, biji-bijian bisa mengurangi risiko diabetes serta membantu menjaga jumlah gula darah. Dalam sebuah studi pada 83.000 perempuan, mengkonsumsi kacang-kacangan (selai kacang) menunjukkan beberapa efek perlindungan akan pengembangan diabetes. Wanita mengonsumsi lebih dari lima porsi satu ons kacang per minggu akan menurunkan resiko terkena diabetes dibandingkan perempuan yang tidak mengonsumsi kacang.

4. Turunkan Berat Badan Solusi Untuk Obat Diabetes
Sekitar 80 persen penderita diabetes mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan. Jika kita kelebihan berat badan, pencegahan diabetes bisa bergantung dengan penurunan berat badan menjadi ideal.

5. Minum Produk Susu Yang Rendah Lemak Menjadi Tips Mencegah Diabetes
Susu Yang Rendah Lemak Data tentang produk susu yang rendah lemak berbeda-beda, tergantung anda gemuk atau tidak. Bagi penderita obesitas, dengan banyak susu yang rendah lemak untuk dikonsumsi, akan semakin rendah risiko sindrom metabolik bagi kita.

6. Kurangi Lemak Hewani Dapat Dijadikan Obat Diabetes Tradisional
Penelitian terhadap 42000 orang, diet terhadap daging merah, produk susu tinggi lemak, daging olahan serta permen, dikaitkan dengan meningkatnya risiko diabetes hampir dua kali lipat dari mereka yang diet sehat. Hal seperti ini independen bagi berat badan serta faktor-faktor lainnya.

7. Kurangi Konsumsi Gula Untuk Obat Penyakit Gula
Dengan Konsumsi gula saja tidak mengaitkan dengan pertumbuhan diabetes tipe 2. Akan tetapi, sesudah disesuaikan dengan berat badan seseorang dan variabel lain, terlihat adanya hubungan antara minuman sarat gula dengan pengembangan diabetes tipe 2.

8. Berhenti Merokok Karna Pantangan Diabetes
Merokok tidak sekedar berkontribusi pada penyakit jantung juga menyebabkan kanker pada paru-paru juga terkait pengembangan diabetes. Merokok lebih 20 batang sehari bisa meningkatkan risiko diabetes lebih dari 3 kali lipat dibandingkan seseorang yang tidak merokok.

9. Menghindari Lemak Trans Dengan Diet Diabetes
Hindarilah konsumsi mengonsumsi lemak trans (minyak sayur yang hidrogenasi) banyak dipakai pada produk olahan serta makanan cepat saji. Minyak ini berkontribusi pada meningkatnya risiko penyakit jantung serta diabetes tipe- 2.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top