Hidup Sehat



MEMBANTU TETANGGA YANG MISKIN MENURUT ISLAM
Pengertian Tetangga adalah orang yang paling terdekat dalam kehidupan, tidakah seseorang manusia keluar dari rumah melainkan dia melewati rumah-rumah tetangganya. Dan ketika dirinya membutuhkan bantuan baik secara moril maupun bantuan materiil, tetangga lah orang yang paling pertama yang diketuk pintunya. Bahkan ketika seseorang meninggal bukan kerabat-kerabat jauh yang mengurus dirinya, melainkan tetangga lah yang membantu dengan tulus untuk menyelenggarakan pengurusan jenazahnya.

MEMBANTU TETANGGA YANG MISKIN MENURUT ISLAM - Banyak dari tetangga kita yang miskin di Indonesia karna penduduk miskin di Indonesia sebanyak 29,13 Juta orang menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Ini bukan jumlah yang sedikit tetapi jumlah yang sangat banyak sekali. Bila bukan kita yang membantu siapa lagi??? 

Jadi bantulah orang miskin yang terdekat dari kita (memulai dari diri sendiri, keluarga, tetangga, orang lain dan selanjutnya) mari kita menjadi orang kaya yang bisa membantu sesama ummat “Menjadi Orang Yang Bijaksana di dalam hubungan bermasyarakat. Seperti yang telah dijelaskan oleh nabi Muhammad SAW:

عَنْ أَبِي ذَرٍّقَالَ: قال رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا طَبَخْتَ مَرَقةً فَأَكْثِرْ مَاءَهاَ وَتعاهد جِيرَانِكَ –رواه مسلم-

Dari Abu Dzar beliau berkata: Rasulullah SAW berkata: jika kamu memasak sebuah makanan, maka perbanyaklah kuahnya (airnya) dan perhatikanlah tetanggamu –HR. Muslim- 

Beginilah hak yang dimiliki tetangga dalam pandangan Agama Islam, selayaknya seorang muslim saling berbagi walau tidak memiliki apa dan telah diatur dalam akhlak dan undang-undang agama Islam agar manusia saling harga menghargai dan hormat menghormati.

Tidak seperti peraturan yang ada di masyarakat yang membuat kasta-kasta atau tingkat-tingkatan antara penduduk yang kaya dan miskin, berbeda dengan agama Islam yang hanya mengajarkan semua manusia itu sama, yang membedakan hanya akhlak dan ke-imanan kepada Allah. 

Serta Agama Islam telah memupuk akhlak manusia dengan etika hidup yang sempurna dan baik dengan mengikuti pola hidup menurut Rasulullah jugamembeberkan banyak anjuran untuk menghormati hak-hak tetangga. Hadits tentang perintah memperhatikan tetangga yang miskin adalah:

قال رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: من مات شبعان و خاره جائع مات دخل النار.

Rasulullah SAW berkata: Barangsiapa yang mati akibat kekenyangan sedangkan tetangganya kelaparan, maka dia akan masuk neraka.

Celakanya orang yang membiarkan tetangganya kelaparan sedangkan dia bahagia dengan rasa kenyang tanpa memikirkan orang lain, maka dia akan dibalas dengan api neraka. Begitu tegasnya agama ini untuk saling tolong menolong sesama manusia baik dia satu agama ataupun berbeda agama. 

Tatangga pun memiliki hak-hak yang harus dipenuhi oleh seorang muslim seperti yang di contohkan oleh Rasulullah SAW. Diantara hak-hak tetangga adalah Berbuat baik kepada tetangga, Menjaga dan Memelihara Tetangga serta Bergaul Dengan baik kepada Tetangga.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top