Hidup Sehat

Seperti firman Allah dalam al-Qur’an Surat ke 1 (al-Baqarah)  Ayat ke 172. Yang berbunyi:  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُواْ لِلّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ  Hai, orang-orang beriman, makanlah (makanan) diantara rezki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah (manusia) kepada Allah, jika memang benar-benar kepada-Nya (Allah) kamu menyembah. (Surat ke 1 [al-Baqarah]  Ayat ke 172)  Hakikat dari makanan hanyalah sebagai kebutuhan manusia untuk meneruskan hidup bukan tujuan hidup, walau makanan adalah sesuatu yang terbilang sebagai kebutuhan pokok. sebagai sang kholik Allah mencukupi seluruh kebutuhan ciptaannya terutama kebutuhan manusia. Dan manusia adalah makhlluk cittaan Allah yang memakan segala jenis makanan, karna itu selayaknya kita bersyukur kepada allah atas apa yang telah diberikan-Nya kepada kita.  Maka etika kita dalam memakan makanan yang telah Allah berikan kepada kita adalah memakan yang bersumber dari rezeki yang baik (bukan hasil curian, korupsi dan bukan hak orang lain) serta selalu bersyukur sebelum dan setelah memakan dengan berdoa dan saling berbagi kepada makhluk hidup.
MAKANAN ADALAH ANUGGRAH DARI ALLAH MAKA BERSYUKURLAH - Seperti firman Allah dalam al-Qur’an Surat ke 1 (al-Baqarah)  Ayat ke 172. Yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُواْ لِلّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Hai, orang-orang beriman, makanlah (makanan) diantara rezki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah (manusia) kepada Allah, jika memang benar-benar kepada-Nya (Allah) kamu menyembah.
(Surat ke 1 [al-Baqarah]  Ayat ke 172)

Hakikat dari makanan hanyalah sebagai kebutuhan manusia untuk meneruskan hidup bukan tujuan hidup, walau makanan adalah sesuatu yang terbilang sebagai kebutuhan pokok. sebagai sang kholik Allah mencukupi seluruh kebutuhan ciptaannya terutama kebutuhan manusia. Dan manusia adalah makhlluk cittaan Allah yang memakan segala jenis makanan, karna itu selayaknya kita bersyukur kepada allah atas apa yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Maka etika kita dalam memakan makanan yang telah Allah berikan kepada kita adalah memakan yang bersumber dari rezeki yang baik (bukan hasil curian, korupsi dan bukan hak orang lain) serta selalu bersyukur sebelum dan setelah memakan dengan berdoa dan saling berbagi kepada makhluk hidup.

 إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلاَ عَادٍ فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ Sesungguhnya Allah (Tuhan Yang Maha Esa) hanya mengharamkan bagimu (manusia) bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang ketika disembelih disebut nama selain Allah[ haram juga bila disebut namaAllah tetapi disebut juga nama selain Allah)]. tetapi Barangsiapa di dalam Keadaan terpaksa memakannya sedang Dia (manusia) tidak menginginkannya dan tidak pula melampaui batas (makan dengan berlebihan), Maka tidak berdosa baginya. Sesungguhnya Allah (Tuhan Yang Maha Esa)  Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (surat ke 1 [al-Baqarah]  ayat ke 172)  Jadi dari penjelasan ayat diatas diharamkan bagi kita untuk memakan beberapa makanan yang telah ditentukan oleh Allah untuk tidak dimakan. Makanan itu adalah:  1. BANGKAI Segala macam bangkai (hewan yang mati karna sakit, tertabrak mobil, lupa membaca nama Allah) diharamkan kecuali bangkai hewan laut, belalang atau sejenisnya.  2.  DARAH Darah yang mengalir adalah darah yang diharamkan tetapi apa bila dara yang sudah tidak mengalir lagi dan melekat didaging itu tidak haram.  3.  BABI Babi haram untuk dimakan, bukan hanya dagingnya saja tetapi semua unsur dari babi itu haram untuk dimakan.  4.  MEMOTONG HEWAN YANG BUKAN KARNA ALLAH Ketika kita menyembelih hewan tanpa mengucap basmalah maka haram kita untuk memakan hewan itu dan menyembelih hewan dengan menyebut nama selain Allah maka haram hukumnya untuk kita memakan hewan itu (hewan untuk sesajen, untuk berhala dan lain-lain)


إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلاَ عَادٍ فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
Sesungguhnya Allah (Tuhan Yang Maha Esa) hanya mengharamkan bagimu (manusia) bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang ketika disembelih disebut nama selain Allah[ haram juga bila disebut namaAllah tetapi disebut juga nama selain Allah)]. tetapi Barangsiapa di dalam Keadaan terpaksa memakannya sedang Dia (manusia) tidak menginginkannya dan tidak pula melampaui batas (makan dengan berlebihan), Maka tidak berdosa baginya. Sesungguhnya Allah (Tuhan Yang Maha Esa)  Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (surat ke 1 [al-Baqarah]  ayat ke 173)

Jadi dari penjelasan ayat diatas diharamkan bagi MANUSIA untuk memakan beberapa makanan yang telah ditentukan oleh Allah untuk tidak dimakan, tetapi menjadi pertanyaan kita semua "kenapa diharamkan?" jawaban pertama, yakini saja karna Allah manusia tidak mampu memikirkan kenapa Allah mengharamkannya. jawaban kedua, karna apa yang diharamkan oleh Allah memiliki mudhorat/unsur yang berbahaya seperti yang ditelitih tentang bahayanya bangkai, babi, darah dan mewan yang mati terkejut (tanpa mengucapkan nama Allah). Makanan itu adalah:
1. BANGKAI
Segala macam bangkai (hewan yang mati karna sakit, tertabrak mobil, lupa membaca nama Allah) diharamkan kecuali bangkai hewan laut, belalang atau sejenisnya.

2.  DARAH
Darah yang mengalir adalah darah yang diharamkan tetapi apa bila dara yang sudah tidak mengalir lagi dan melekat didaging itu tidak haram.

3.  BABI
Babi haram untuk dimakan, bukan hanya dagingnya saja tetapi semua unsur dari babi itu haram untuk dimakan.

4.  MEMOTONG HEWAN YANG BUKAN KARNA ALLAH
Ketika kita menyembelih hewan tanpa mengucap basmalah maka haram kita untuk memakan hewan itu dan menyembelih hewan dengan menyebut nama selain Allah maka haram hukumnya untuk kita memakan hewan itu (hewan untuk sesajen, untuk berhala dan lain-lain)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top