Hidup Sehat

AKIBAT+MAKAN+TERLALU+BANYAK
JANGAN MAKAN TERLALU KENYANGKarna bahaya tersembunyi makanlan berlebihan, tetapi makanlah  disaat lapar dan berhentilah makan sebelum merasa kenyang. Makanlah dengan secukupnya  dan tidak berlebih-lebihan. Perintah Rasulullah SAW tentang makan berlebihan, memerintahkan kita akan selalu waspada terhadap bahaya tersembunyi jika memakan makan secara berlebihan/ terlalu kenyang. Ada sebuah cerita yang penih hikmah untuk diketahui, dikisahkan dari kitab Minhajul Abidin karangan Imam Al-Ghazali.

Diceritakan Nabi Yahya As Yang Bertemu Iblis Yang Sedang Membawa Barang.
Nabi Yahya bertanya pada iblis: “Menanyakan untuk apa barang itu?
Iblis menjawab: “Barang itu syahwat (nafsu) untuk memancing anak cucu Adam
Nabi Yahya bertanya lagi: “Adakah dalam diriku sesuatu yang dapat engkau pancing”
Jawab iblis: “Tidak ada. Hanya pernah terjadi di suatu malam, engkau makan sedikit kenyang dan kami (para iblis) dapat menarikmu (menggodamu) ddan membuatmu merasa berat untuk melaksananakan shalat”
Lalu Nabi Yahya berkata: “Jika begitu, aku tak akan makan terlalu kenyang lagi selama hidupku (selama-lamanya)
Jawab iblis dengan dengan rasa penyesalan: “Waw, Sungguh menyesal saya membuka rahasia ini. Mulai saat ini, kami (iblis) tidak akan menceritakan tentang rahasai ini kepada siapapun.

Inilah sebuah cerita yang mengisahkan tentang percakapan antara Nabi Yahya dengan iblis tentang bahayanya makan terlalu kenyang (AKIBAT MAKAN TERLALU BANYAK). Karna ketika kita makan kenyang nafsu dalam diri kita akan bergejolak dan disaat itulah setan dengan mudahnya menggoda kita selalu hati-hati dengan tipi daya setan yang selalu ingin menjerumuskan anak cucu Adam kesesatan. Dan Nabi kita Muhammad SAW bersabda tentang laranganmakan terlalu kenyang:
يَأْكُلُ الْمُسْلِمُ فِي مِعًي وَاحِدٍ وَالكَافِرُ يَأْكُلُ فِي سَبْعَةِ أَمْعَاءَ –رواه البخاري-
Artinya: “Orang muslim makan dengan satu perut (labung) dan orang kafir makan dengan tujuh perut (lambung)” –Hadits Riwayat (Bukhari)-

Dari hadits ini Rasulullah menyinggung orang muslim yang makan berlebihan karna mana mungkin orang makan dengan tujuh perut melainkan orang yang makan dengan nafsu atau orang yang makan dengan rakusnya, sesungguhnya yang mengenyangkan itu bukan makanan tetapi Allah, makanan hanya menjadi asbab (wasilah / perantara) untuk kenyang. Seperti keterangan sahabat:
نَحْنُ قَوْمٌ لاَ نَأْكُلُ حَتيَّ نَجُوْعَ وَ إِذَا أَكَلْناَ لاَ نَشْبَعُ –منهاج المسلم ص 108-
Artinya: “Kami adalah kaum (golongan) yang tidak makan sebelum lapar dan kami makan tidak sampai kenyang” (Minhaju al-Muslim, hal: 108)

Lalu penjelasan dari sehabat lainnya:
Dari hadis dan penjelasan diatas larangan makan yang tak memikitkan keadan perut kita yang membuat makan menjadi tidak sehat malah menjadi bahaya makan dan bahaya makanan (proses makan dan yang dimakan menjadi tidak bermanfaat). Mari kita ikuti pola makan rasul / pola makan nabi seperti hadits dibawah ini:
مَا مَلاَءَ أَدَمِيٌ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ حَسْبَ الآدَمِي لَقِيْمَاتٌ يَقُمْنَ صُلْبَهُ فَإنْ غَلَبَتِ الآدَمِي نَفْسَهُ فَثُلُثُ لِلطَّعَامِ وَ ثُلُثُ لِلشَّرَابِ وَثُلُثُ لِلنَّفْسِ. –رواه ابن ماجه 2: 1111-
Artinya: Tidak seorangpun dari anak Adam mengisi penuh lambung (arti sebenarnya bejanah tapi dikinayakan menjadi lambung) dengan kejelekan dari bagian perutnya. Cukup bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan punggungnya. Jika tidak bisa menahan nafsunya (dari banyak makan) maka hendaklah lambungnya di bagi tiga: Seprtiga tempat makanan, sepertiga tempat air minum dan sepertiga lainnya untuk udara. –H.R. Ibnu majah 2: 1111-

Penjelasan dari hadis diatas jangan makan tanpa batas kita harus waspada makan terlalu kenyang karna tidak baik untuk kesehatan apa lagi untuk ibu hamildan hendaklah memakan makanan sehat dan bergizi. ini adalah AKIBAT MAKAN TERLALU BANYAK dan ada beberapa alasan untuk tidak makan terlalu kenyang:
1. membuat regangan pada lambung yang bersiifat elastic (menyebabkan mual dan muntah)
2. Semua darah berkonsentrasi di usus. (menyebabkan berkurangnya darah mengalir ke otak yang membuat kita sulit untuk berfikir)
3. Pasien diabetes mellitus jika makan terlalu kenyang. (menyebabkan naiknya kadar gula dara)
4. Pasien gagal jantung jika memakan secara berlebihan. Aliran darah dari usus ke jantung akan meningkat (menyebabkan perparahan derajat kesakitan pada jantung)
5. Member makan terlalu banyak pada bayi dapat mengembangkan sel-sel lemak (menyebabkan obesitas di kemudian hari)
6. Menyebabkan penurunan kekuatan otak. Yang di perpadah dengan kerusakan otak. Kerusakan pada otakmenyulut rangkaian gangguan pada kesehatan di daerah lain: diabetes, penyakit jantung, kegemukan, dan penyakit lainnya.
7. Membuah enzim pencernaan keluar secara berlebihan akibatnya makanan tidak dicerna secara keseluruhan. Makanan yang tidak dicerna dengan baik akan di kirim ke usus dan mengalami proses fermentasi lalu menimbulkan gas yang membuat perut terasa kembung dan sakit perut serta diare.
8. Menurunya kebugaran tubuh.
9. Menyebabkan badan terasa lesu, merat dan menjadi malas menjalankan ibadah.

10. Mari kita menerapkan agar tidak bahaya makan berlebihan (terlalu kenyang) agar diberi kesehatan lahir dan batin Amin, serta trimakasi telah membaca AKIBAT MAKAN TERLALU BANYAK.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top