Hidup Sehat

Berikut ini adalah Adab Dan Etika Salam Dalam Islamyang akan dibahas oleh PolaHidup.Com  semoga kita semua mengamalkan dan menebarkan Salam keseluruh ummat dan ala mini.
Adab Dan Etika Salam Dalam Islam
Pengertian Salam
Salam  berasal dari Bahasa Arab artinya selamat, keamanan, kedamaian serta penghormatan. Allah disebut As-salam (zat yang Maha Pemberi Keselamatan). Keselamatan dan kebaikan yang ada dialami atau terjadi berasal dari Allah SWT.

Fungsi Salam
1. Saling hormat menghormati sesame muslim
Manusia dari berbagai Negara memiliki berbagai cara dalam menghormati sesamanya  saat bertemu. Kaum nasrani memberi penghoramat dengan meletakan tangan pada mulutnya. Sedangkan Kaum Yahudi memberi  isyarat menggunakan jari tanganya, sedangkan kaum majusi penyembah api hormati dengan cara membungkukan punggunya.

Juga dinegara bagian barat jika bertemu suka mengucapakan “good morning”, begitu juga negara pada bagian timur saat bertemu dengan sesamanya mengucapkan “shobahul khoir” kalau di Negara ini “selamat pagi, selamat siang dan selamat malam”.

Islam sebagai agama sempurna telah megajarkan kepada umatnya bagaimana cara memberi hormat kepada sesama muslim ketika bertemu, yaitu dengan cara mengucapkan salam. Abi Hurairah Rasulullah saw bersabda:

حَقُّ المُسلِمْ عَلَى مُسْلِمْ سِتٌ :   إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِمْ عَلَيْهِ

“Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada 6 yaitu: Apabila kamu bertemu denganya (orang muslin) maka ucapakan salam kepadanya ….

Maksud hak ialah sesuatu yang tidak pantas ditinggalkan seorang muslim, yaitu apabila beretemu sesama muslim ucapkanlah salam walaupun tidak mengenalnya.

Ada seseorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah: pelaksanaan ajaran Islam yang mana yang paling baik ? rasulullah menjawab:

تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

Kamu memberi makan serta mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan tidak kenal. H. Rawahu Bukhari Muslim dari shahabat Abdilah Bin ‘Amr bin al-Ash RA.

Lafadz salam yang diajarakan Rasulullah saw ada tiga:
1. As-alamu’alaikum
2. As-alamu’alaikum warohmatulloh
3. As-alamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh(semoga keselamatan dan kasih-sayang Allah SWT serta kebaikan terlimpah pada kalian.)

Salam adalah bentuk penghormatan yang ditetapkan oleh Allah Swt bagi kaum mukmin. Jika melaksankannya bernilai ibadah dan mendapat berpahala. Lebih lengkap mengucapkan salam maka lebih besar pahala yang akan dapatkan. Maka pantas kalau Allah swt menuruh kepada kaum muslim untuk membalaskansalam dengan ucapan  salam. Allah swt berfirman:

Apabila engkau dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan tersebut dengan yang lebih baik atau balaslah (dengan hal yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.(Surat an-Nisa : Ayat 86)

2. Menumbuhkan rasa saling saying menyayangi diantara sesama muslim
Menerbarakan salam baik kepada sesame muslim akan menumbuhkan rasa saling mencintai dan menyayangi diantara sesama muslim, sehingga dapat meperkokoh persaudaraan. Dari Abu Huroiroh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) bersabda: “Tidaklah kalian semua masuk surga hingga kalian semua beriman dan tidaklah kalian beriman samapai saling mencintai”. Rasulullah saw bersabda:

اَوَلاَ اَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْيٍ اِذَافَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ اَفْسُوالسَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

Maukah saya tunjukan sesuatu yang jika dikerjakanya, kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian semua. (H.R Abu Dawud bersumber dari Abu Hurairah)
Hadits lain Rasulullah saw (shallallahu ‘alaihi wa sallam) bersabda:

Hai manusia! Sebarkan salam, jalinlah tali silturahmi (kerabat), berilah makan (pada istri dan orang miskin), shalatlah di waktu malam sedangkan orang lain sedang tidur, maka masuklah ke surga dengan penuh keselamatan.” (HR. Tirmidzi dinomor. 2485 serta Ibnu Majah dinomor. 1334. Syaikh Al Albani di dalam As Silsilah Ash Shohihah dinomor. 569 mengatakan hadits ini shohih)

Mengucapkan salam adalah salah satu sunnah Rasulullah. Dia adalah amal yang sangat agung, walaupun cukup ringan untuk dilakukan. Menebarkan dan mentradisikannya Nabi nyatakan sebagai perbuatan yang nanti akan memasukkan pelakunya ke surga.

3. Sebuah do’a keselamatan kepada sesama muslim
Mengucapakan salam sebagai bentuk penghoramatan kepada sesama muslim, juga mengandung do’a keselamatan bagi setiap orang yang mengucapkanya atau menerimanya. “As-salafmu’alaikum wa rohmat ulloh wa barokatuhu” (semoga keselamatan serta kasih sayang Allah dan kebaikan terlimpah kepada kalian semua). Alangkah bahagianya jika ada teman mengucapkan salam maka secara tidak langsung dia telah mendo’akan agar senatiasa berada dalam kesalamatan, kasih sayang serta limpahan kebagikan dari Allah SWT, maka suatu kewajiban untuk menjawab salamnya.

Waktu Dalam Mengucapkan Salam
1. Apabila kita bertemu dengan sesama muslim
2. Apabila kita masuk ke rumah orang lain
3. Jika mau berpisah
4. Apabila lewat ke kuburan
5. Mengucapkan salam di akhir shalat

Berikut ini 9 Adab Dan Etika Salam DalamIslam ketika mengucapkan dan memberi salam di dalam kehidupan sehari-hari:
1. Mengucapkan salam adalah kewajiban muslim dengan muslim
2. Siapa yang harus lebih dahulu mengucapkan salam.
Sebaiknya yang muda mengucapkan untuk yang lebih tua, yang sedang berjalan kepada yang duduk serta yang sedikit kepada yang lebih banyak.
3. Ucapkan salam kepada orang muslim walaupun belum dikenal
4. Boleh menitipkan salam kepada saudara
5. Dianjurkan mengucapkan salam kepada anak-anak kecil
6. Boleh Seorang laki-laki memberi salam kepada ibu-ibu yang sedang berkumpul.
7. Jika mau berpisah dianjurkan memberi salam
8. Jangan memberi salam kepada orang kafir
9. Jawab jika seorang nasrani memberi salam (nasrani disini maksudnya Ahli Kitab)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top