Hidup Sehat


DOA SEBELUM MAKAN DAN SESUDAH MAKAN
Pengertian doa adalah memohon kepada yang maha kuasa di iringi rasa rendahhati untuk memperoleh suatu kebaikan yang diberikan-Nya.

Doa Dimana Hidangan Makanan Telah Tersedia Dihadapan Kita
Doa ketika makanan dihidangkan beda dengan doa sebelum makan dimana doa ketikan makanan adalah ketika kita pertama kali melihat makanan. Jika doa sebelum makan adalah doa dimana kita akan melakukan proses makan.

Kenapa kita di sunnahkan oleh rasulullah untuk membaca doa sebelum makan (ketika dihadapkan hidangan makanan di hadapan kita) untuk memuji Allah dengan puji-pujian yang baik serta penuh berkah atas apa yang telah di anugrahkan-Nya kepada kita berupa makanan minuman dan lain-lain. Dibawah ini adalah hadist Rasulullah ketika Rasulullah membuka hidangan makanan:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَعَ مَائِدَتَهُ، قَالَ: اَلْحَمْدُ لله كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ، رَبَّنَا – رواه البخاري-
Dari abi umammah RA. Bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) apa bila telah membuka hidangan makanannya, beliau akan mengatakan: “Segala puji untuk Allah yang begitu banyak, sebaik-baik pujian, pujian yang penuh berkah yang tidak tertolak, tidak ditinggalkan dan tidak dibuang (bahkan dibutuhkan). (dialah) rabb kami). (Hadits Riwayat: Al-Bukhari)

Maaf bila terjemahannya sedikit rancuh tetapi inti dari hadist diatas adalah memuji Allah atas apa yang telah diberikan-Nya seluruh nikmat yang kita rasakan. Sumua yang kita lihat adalah pemberian allah dengan tidak pernah menitip terlebih dahulu atau memberikan sesuatu kepada – Nya. Beda dengan sifat manusia dia meberi tetapi mengaharapkan imbalan. Jadi doa yang kita ketika kita melihat hidangan makan maka baca lah:
-اَلْحَمْدُ لله كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ، رَبَّنَا-

Doa sebelum makan
Ini adalah doa sebelum makan ketika kita akan memakan makanan yang telah di hidangkan:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّار
Makna / artinya: “Ya Allah berilah keberkahan pada rizki yang telah Engaku berikan kepada kami semua dan jauhkanlah kami semua dari siksaan api neraka”

Doa setelah makan
Berikut ini adalah hadits yang menyatakan doa setelah makan agar kita bersukur telah diberi nikmat kenyang oleh Allah. Bukan makannan yang mengenyangkan tetapi Allah dan bukan pula makanan yang menyehatkan tetapi Allah. Hadis tentang doa sesudah makan:

عَنْ أَبِي سعيد الخذري أَنَّ رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا فَرَغَ مِنْ طَعَامِهِ َقَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِين – رواه أبو داود-
Dari Abi sa’id al-Khudriy RA. bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) jika selesai dari memakan makannya kemudia beliau berdoa: Segala puji untuk Allah Yang telah memberikan makan kepada kami semua, juga member minuman dan menjadika kami semua orang-orang yang berserah diri. (Hadits Riwayat: Abu Daud)

Hadits kedua tentang doa sesudah makan delain hadits diatas adalah:

عن أنس أنّ رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: من أكل طعامه ثم قال: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا الطعام وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ و ما تأخر. -رواه أبو داود-
Dari Anas RA, Bahwasannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) bersabda barang siapa sehabis memakan makanan lalu dia berdoa: “ segala puji untuk Allah yang telah memberikan makanan ini kepada ku dan memberikan rizki ini kepada ku, niscaya dia akan diampuni dosanya yang telah lalu dan dosanya dikemudian hari” (Hadits Riwayat: Abu Daud)

Dari kedua hadits diatas kita dapat memilih salah satu doa mana yang ingin kita bacakan setiap habis makan, boleh juga di baca dua-dua nya bagi yang mau. Tetapi kebiasaan dari kita semua membaca doa yang pertama:
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِين
atau

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا الطعام وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan daftar disini untuk berlangganan gratis melalui email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di See Look Book GRATIS 100%

0 komentar:

Posting Komentar

 
Pola Hidup Sehat © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top